Usung Teknologi Geo-Tagging, Tokopedia Hadirkan TokoMart


Tokopedia, salah satu platform e-commerce terbesar di Tanah Air, telah meluncurkan TokoMart, halaman khusus yang mengusung teknologi geo-tagging yang berguna untuk mempermudah masyarakat mendapatkan kebutuhan sehari-hari. 

Kehadiran TokoMart akan memudahkan masyarakat dalam mencari dan membeli kebutuhanya mulai dari produk sembako, makanan dan minuman, hingga kebutuhan rumah tangga lainnya dari penjual terdekat dari lokasinya tempat tinggalnya. 

Merchant Development Senior Lead Tokopedia Hartawan Lesmana mengatakan, sepanjang 2020, kategori makanan dan minuman (food and beverage/F&B) telah menjadi salah satu kategori paling populer dan paling dicari konsumen di Tokopedia.

Bahkan, transaksinya pun telah meningkat sebesar tiga kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi Covid-19. Produk telur, ikan, mie instan, teh, madu, dan kopi lokal menjadi yang paling diburu masyarakat. 

“Tingginya antusiasme masyarakat mendorong kami untuk menghadirkan TokoMart,” ujar Hartawan, dalam keterangannya, Rabu (3/3). 

Menurut dia, Tokopedia juga berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis para pegiat usaha di Indonesia mulai dari Hypermart, LotteMart Indonesia, dan Sayurbox. Hingga sejumlah UMKM lokal dari berbagai industri pun ikut bergabung untuk menyediakan lebih dari 200 ribu pilihan produk di halaman TokoMart. 

Di sisi lain, kehadiran TokoMart diyakini akan dapat membantu para pegiat usaha menjangkau pasar dengan lebih tepat dan luas karena inovasi geo-tagging memprioritaskan penjual terdekat dari domisili pembeli. Setiap pegiat usaha pun menjadi lebih mudah memaksimalkan penjualan. 

Pada fase pertama, inovasi geo-tagging kini sudah berlaku untuk pegiat usaha yang bergabung dengan TokoMart dari wilayah Jabodetabek dan Bandung. Tokopedia akan terus menambahkan inovasi tersebut pada wilayah lainnya agar kemudahan serupa dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. 

Selain bisa mendapatkan ongkir lebih murah, keuntungan dari penerapan teknologi tersebut, masyarakat bisa menikmati nilai tambah lain setiap harinya untuk membuat belanja semakin hemat. 

Misalnya, konsumen akan mendapatkan kesempatan flash sale, cashback, dan diskon hingga 50%. Ada juga tersedia bebas ongkos kirim (ongkir) untuk berbagai jenis pengiriman. Untuk informasi lainnya, masyarakat bisa mencari, atau mengakses TokoMart melalui kolom pencarian di Tokopedia. 

Ke depan, lanjut Hartawan, Tokopedia terus berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dengan cara berkolaborasi bersama para mitra strategis untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih lengkap, mudah, dan hemat bagi masyarakat. 

“Upaya bersama ini bisa mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pelaku usaha sekaligus membantu pemulihan ekonomi nasional,” pungkas Hartawan.

Sumber: https://investor.id/it-and-telecommunication/usung-teknologi-geotagging-tokopedia-hadirkan-tokomart









Posting Komentar

0 Komentar