Dinas Kominfo Kota Pariaman Study Komperatif ke Diskominfosan Kota Yogyakarta

 


Pariaman, Kongkrit. com—Dinas Kominfo Kota Pariaman melakukan studi komperatif ke Pemerintah Kota Yogyakarta, terkait Pengelolaan Satu Data Indonesia, Statistik Sektoral dan Persandian.

Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Pariaman, Hendri, diterima oleh sejawatnya Kadis Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta, Triharsono, yang didampingi beberapa kepala bidang dan kepala seksi yang terkait, bertempat di Kantor Diskominfosan, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (29/4/2021).

Dalam pengarahanya, Trihastono menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari Dinas Kominfo Kota Pariaman, Sumatera Barat, dan merasa bersyukur bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman khususnya terkait pengelolaan sistem informasi.

“Pemerintah Kota Yogyakarta telah membangun sistem informasi yang terintegrasi, dimana telah dilaunching sejak Tahun 2018 yang lalu. Sistem yang dinamai Jogjakarta Smart Service (JSS) yang terdiri dari beberapa aplikasi, dimana kita telah mempunyai 140 aplikasi yang bisa menjawab tantangan teknologi informasi di era sekarang, baik itu layanan kedaruratan dan layanan publik,” jelasnya.

Trihastono juga menyampaikan bahwa Visi dari Diskominfosan Kota Yogyakarta adalah “Terciptanya pelayanan publik yang terbaik melalui penerapan teknologi informatika dan komunikasi publik yang handal menuju Yogyakarta smart city,” ujarnya.

“Semoga dengan kunjungan ini, antara Dinas Kominfo Kota Pariaman yang berada di Pulau Sumatera dengan kami di Diskominfosan Kota Yogyakarta yang berada di Pulau Jawa, akan saling menjadi jembatan hati dan silaturahmi yang baik antar dua daerah, dan kami menyambut baik kunjungan ini,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri mengatakan bahwa kunjungan ini adalah untuk belajar lebih jauh tentang persandian dan statistik, dimana dinas yang dipimpinya ini, baru saja naik tipe, dari tipe C ke tipe B, dengan penambahan satu Bidang, yaitu Statistik dan Persandian, dari dua bidang yang telah ada sebelumnya, yaitu bidang e-Gov dan bidang IKP (Informasi Komunikasi Publik), ulasnya.

“Terkait dengan penambahan satu bidang Statistik dan Persandian ini, tentu kita perlu mencari reverensi dan ulasan tentang kinerja dan pengelolaanya, karena itu kami putuskan untuk study komperatif ke Diskominfosan Kota Yogyakarta ini,” tukasnya.

Hendri juga mengungkapkan Kenapa pilih Yogjakarta, disamping pengelolaan sistem yang sudah baik, ada kesamaan visi yaitu pariwisata, luas wilayah yang relatif sama serta jogja tempat menimba ilmu dengan hadirnya Univiversitas Gadjah Mada (UGM), ungkapnya.

“Semoga ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan selama disini, akan kami implementasikan nantinya di Diskominfo Kota Pariaman, sehingga akan bermanfaat bagi kami dan masyarakat Kota Pariaman nantinya,” tuturnya.

“Kedepan, antara Dinas Kominfo Kota Pariaman dengan Diskominfosan Kota Yogyakarta akan berbagi pakai aplikasi yang ada, untuk mendukung Satu Data Indonesia, Statistik Sektoral dan Persandian yang lebih baik lagi,” ucapnya mengakhiri. Diakhir acara, kedua Kepala Dinas ini saling bertukar cenderamata antar dua daerah. (Zaituni)

sumber : https://kongkrit.com/dinas-kominfo-kota-pariaman-study-komperatif-ke-diskominfosan-kota-yogyakarta/

Posting Komentar

0 Komentar