Gandeng CDI Training Center Jakarta, Dilaksanakan Tahun Ajaran 2021/2022



JALIN KERJASAMA: Kepala SDUM Patrol Indra Mahendra ST (kanan) bersama GM Lembaga Pelatihan CDI Training Center Jakarta M Indra Ghani SKom (kiri) saat penandatangan kerjasama program ekstrakurikuler Teknologi Informasi dan Robotik, belum lama ini.

Pandemi Covid-19, tak menyurutkan SD Unggulan Muhammadiyah (SDUM) Patrol untuk terus membuat terobosan. Sekolah Dasar favorit di wilayah barat Kabupaten Indramayu itu kembali meluncurkan program unggulan. Yaitu program ekstrakurikuler Teknologi Informasi dan Robotik.

KHOLIL IBRAHIM, Patrol

PROGRAM unggulan yang diluncurkan merupakan upaya menjawab tantangan di era digital 4.0 sekaligus melaksanakan visi SDUM Patrol. Yakni membentuk generasi muslim penghafal Alquran yang unggul, berahlak mulia, berwawasan luas dan menguasai teknologi.

Program ekstrakurikuler Teknologi Informasi (TI) dan Robotik ini, melengkapi 6 program unggulan yang telah dimiliki sekolah yang beralamat di Jl KH Ahmad Dahlan Nomor 10 Desa Patrol Lor, Kecamatan Patrol tersebut.

Antara lain Tahfidz Quran, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Informasi Teknologi, Full Day School, Filed Trip dan Interpersonal Skill.

“Insya Allah, rencananya program Teknologi Informasi dan Robotik akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022 setelah pemerintah membolehkan proses pembelajaran tetap muka. Diperuntukan untuk peserta didik kelas 4, 5 dan 6,” terang kepala SDUM Patrol Indra Mahendra ST kepada Radar, Rabu (21/4).

Menurutnya, program unggulan terbaru ini dilatarbelakangi oleh tantangan dunia kerja di masa depan akan sama sekali berbeda dengan saat ini. Pakar-pakar teknologi informatika dan teknik robotika akan makin banyak dicari. Negara yang tidak siap mengantisipasi, akan kalah dalam persaingan global. Para pekerja yang tak melek teknologi, nantinya hanya akan bertindak sebagai kuli.

Sehingga pendidikan tidak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan. Tapi harus dibarengi dengan pendidikan akhlaq sejak dini dan juga harus mampu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. Sehingga peserta didik dapat bersaing secara global.

“Sekarang ini saja, tuntutan kerja dengan basis pengetahuan komputer sudah jadi kelaziman. Makanya anak-anak kami sejak dini harus dibekali dengan Teknologi Informasi dan Robotik. Mempersiapkan mereka dalam menyongsong perubahan teknologi di masa yang akan datang. Di era Revolusi Industri 4.0,” papar Indra Mahendra yang saat ini sedang melanjutkan studi S2 Pascasarjana Managemen Pendidikan Islam di Institut Agama Islam Negeri Syekh Nur Jati Cirebon.

Mewujudkan program ekstrakurikuler Teknologi Informasi dan Robotik, SDUM Patrol telah bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan CDI Training Center Jakarta. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan MoU antara Kepala SDUM Patrol Indra Mahendra, ST dengan General Manager Lembaga Pelatihan CDI Training Center Jakarta M Indra Ghani SKom pada 11 Maret 2021 lalu.

Pihaknya optimis, dengan adanya program unggulan yang baru ini, prestasi akademik dan non akademik peserta didik juga terus meningkat. Sebelumnya, dengan 6 program unggulan yang tersedia dan masih berjalan, SDUM mampu mencetak siswa-siswi beprestasi ditingkat daerah, provinsi, nasional bahkan internasional.

Diantaranya juara umum tingkat SD/MI lomba Porseni Pelajar Muhammadiyah se-Indramayu tahun 2018, juara peserta tergiat FLSO tingkat Jabar tahun 2019 yang diadakan STKIP Sumedang.

Kemudian juara 3 Speech English tingkat Jabar tahun 2019 yang diadakan di Lembang serta meraih 3 medali perunggu pada Olimpiade Alquran tingkat internasional.

Belum lagi prestasi yang diperoleh dari ekskul lainnya seperti Hizbul Wathan, Tapak Suci, Rumah Tahfidz, Paduan Suara, Seni Tari, Menggambar dan Olahraga yang tetap berjalan dan semakin dilakukan penguatan dengan berkerja sama dengan lembaga pendidikan ternama.

“Banyak hal yang kami harapkan melalui kegiatan ekstrakurikuler ini. Salah satunya, sebagai wahana pembinaan bakat, memantapkan jati diri peserta didik melalui proses dan lebih mengaitkan antara bidang keterampilan dengan pengetahuan yang diperoleh dalam program kurikulum,” jelasnya.

Indra Mahendra menambahkan, terobosan tak akan berhenti sampai disini. Dalam waktu dekat, SDUM juga akan meluncurkan inovasi terbaru dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

“Untuk ekskul Bahasa Inggris, SD Unggulan Muhammadiyah akan melakukan kerjasama dengan English First Cirebon. Melaksanakan kegiatan kegiatan pembelajaran Bahasa inggris Efun Class,” tandas Indra Mahendra. (*)

sumber : https://indramayu.radarcirebon.com/gandeng-cdi-training-center-jakarta-dilaksanakan-tahun-ajaran-2021-2022/?amp

Posting Komentar

0 Komentar