Ingin Memajukan UKM dI Desa , Mahasiswa UMM Lakukan Edukasi E-Commerce


 Berkembangnya dari zaman ke zaman membuat masyarakat harus melakukan adaptasi di revolusi industri 4.0. Salah satunya yaitu perdagangan jual beli online menggunakan suatu platform E-Commerce. Banyak dari sekian masyarakat desa belum mengetahui bagaimana caranya melakukan jual beli online dengan media platform e-commerce seperti shopee, tokopedia, Lazada,dll.

Platform E-Commerce/jual beli online yaitu solusi teknologi dengan perangkat lunak atau software yang memungkinkan kamu untuk membangun storefronts. Storefronts merupakan skema bisnis yang berkaitan dengan penjualan produk atau layanan. Ini jadi solusi bagi seseorang yang ingin memulai dan mempertahankan bisnis toko online tersebut. Sebuah pasar elektronik ( marketplace ) memudahkan para konsumen dan produsen melakukan kegiatan menjual dan membeli suatu barang ataupun jasa. Minimnya edukasi dari masyarakat, akhirnya Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 39 melakukan edukasi terhadap masyarakat Desa Kebobang.

Edukasi ini dilakukan di Desa Kebobang pada hari Jumat, 9 April 2021 yang dihadiri oleh Kepala Desa, Kepala Dusun, Sekretasi Desa dan beberapa warga Desa Kebobang. Para mahasiswa PMM UMM menjelaskan kepada masyarakat Desa Kebobang tentang strategi pemasaran online, jual beli online dan tata cara menggunkan platform e-commerce yaitu Shopee. Banyak masyarakat Desa Kebobang kurang mengerti dan paham terkait dengan jual beli online menggunakan platform E-Commerce yaitu Shoppe dan akhirnya menanyakan tata cara pembuatannya. Kemudian para mahasiswa PMM UMM mempraktekkan tata cara menggunakan Shopee.

Setelah menjelaskan beberapa materi dan mempraktekkan tata cara menggunakan shopee, masyarakat antusias langsung ingin mencoba apa yang sudah dipraktekkan dan didampingi langsung oleh para mahasiswa PMM UMM. Seiring berjalannya waktu, dikit demi sedikit masyarakat mulai paham tentang penggunaan melalui Shopee terkait dengan cara daftar diri, membuat e-mail, membuka toko online, memposting foto produknya, chatting dengan konsumen, melakukan pembayaran online, dll. Meskipun cukup rumit, masyarakat tetap bertanya-tanya supaya bisa mengerti cara menggunakan Shopee tersebut. Setelah cukup lama berdiskusi, para mahasiswa PMM UMM berterima kasih kepada masyarakat Desa Kebobang yang telah hadir pada acara edukasi ini dan harapannya ilmu yang disampaikan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat tersebut.


Sumber : https://www.kompasiana.com/nandaecha/60861182d541df27e36616e2/ingin-memajukan-ukm-di-desa-mahasiswa-umm-lakukan-edukasi-e-commerce

Posting Komentar

0 Komentar