Logee Trans, Platform Trasnformasi Digital Logistik 4.0

 

Dalam era revolusi industri 4.0 saat ini, menggiring transformasi logistik ke arah digital untuk menciptakan kepastian dan transparansi dalam industri rantai pasokan, sehingga membuat bisnis bisa berjalan dengan optimal dan efisien.

Penggunaan serangkaian teknologi di ekosistem logistik untuk melaksanakan sistem distribusi dan produksi yang lebih efisien inilah yang disebut Logistik 4.0. Teknologi yang digunakan tak hanya berbasis IoT tapi juga AI, Robotics, keamanan siber, analitik data, blockchain, Cyber Physical System dan Cloud.

Perkembangan logistik 4.0 di Indonesia masih belum signifikan maju di antara negara lainnya, dikarenakan masih banyak cara konvensional yang dilakukan oleh pemain logistik. Berbanding terbalik dengan kebutuhan transportasi yang meningkat seiring globalisasi dalam rantai pasokan serta pertumbuhan e-commerce.

Sebagai kontribusi logistik 4.0 di Indonesia dalam bidang Information, Technology and Communication (ICT), PT Telkom Indonesia mengembangkan produk platform B2B untuk mendigitalisasi ekosistem logistik, salah satunya bidang transportasi melalui platform Logee Trans.

Berangkat dari itu, Logee Trans dibangun sebagai platform yang mempertemukan supply demand pemilik barang dengan pemilik armada dalam pengiriman muatan hingga digital financing di dalam satu genggaman smartphone.

Sebagai one stop solution yang menyediakan layanan dan fitur untuk mendukung digitalisasi logistik di Indonesia, di antaranya Logee Cargo Owner, Logee Trucker, Logee Driver, dan web admin bagi pemilik barang dan pemilik truk.

Saat ini, produk terbaru dari Logee Trans yakni Ecologee yang siap memudahkan pemilik kontainer di pelabuhan untuk mencetak tila atau gatepass hingga pencarian armada.

Logee Trans mendigitalkan dari proses awal pemesanan truk hingga proses akhir pembayaran. Memiliki fitur utama antara lain assignment driver dan kendaraan, map tracking, tracking delivery, payment hingga paperless reporting dan terus berkembang dalam memenuhi kebutuhan pemilik barang dan pemilik truk.

Logee Trans menyediakan fitur yang menjadi andalan para cargo owner dan truck owner tak hanya mampu menginput dan menyimpan rute pengiriman rutin, tapi juga mampu mengestimasi waktu kiriman tiba, menjadwalkan pengiriman secara berkala, melacak muatan yang dikirim, metode pembayaran yang beragam, sampai pelaporan order kiriman, baik dalam format excel maupun PDF.

Sebagai platform yang dikembangkan oleh anak bangsa, Logee Trans memiliki visi menjadi platform yang netral dan aman yang mengutamakan kepentingan para pemilik barang dan pemilik truk dalam ekosistem pengangkutan barang di Indonesia.



Posting Komentar

0 Komentar