Ngabuburit Sambil Ngasih Skill 4,0 Pakai 5 Aplikasi Ini

 

Bulan Ramadan adalah bulan penuh rahmat, ampunan, serta dilipatgandakannya pahala. Jackpot dari Allah ini wajib banget nih kita manfaatkan sebaik mungkin, salah satunya dengan mengisi waktu ngabuburit dengan hal-hal yang bermanfaat tapi seru abis. Apalagi hari ini kita hidup di era distrupsi yang kompetitif banget. Di mana jika kita ingin menaklukan zaman ini, perlu membekali dengan skil-skil tertentu.


 Revolusi Industri 4.0 telah mengubah tatanan dunia menjadi digital oriented. Adanya pandemi covid-19 meskipun telah membuat terpuruk, sejatinya ia menjadi katalisator dari era 4.0 tersebut. Dunia sudah semakin terbuka luas, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengambil peran apapun asalkan ada kemauan, termasuk jika ingin menguasai skil-skil menghadapi era ini melalui beberapa aplikasi favorit yang pernah saya coba.


1.Grasshoper

Grasshoper merupakan sebuah permainan edukasi tentang bahasa pemrograman. Dewasa ini skil coding mulai dilirik dan dipelajari oleh mereka yang bukan jurusan Teknologi Informasi. Kebutuhan dunia akan digital  sudah tidak dapat terelakkan lagi, internet of things dan artificial intelligence akan terus mengalami perkembangan. Layaknya sebuah game pada umumnya, perjalanan mempelajari materi pemrograman komputer di Grasshoper dimulai dari level yang mudah hingga yang tersulit.  


Dengan permainan ini selain menambah ilmu tentang pemrograman, kita juga terlatih problem solving sebagai dua soft skill yang bisa dikembangkan selain dari dua yang pernah saya bahas di sini.


2.Pixellab

Selain skil pemrograman, skil desain pun tak kalah penting. Banyak dibuka kelas-kelas daring untuk belajar desain melalui aplikasi, baik di hp maupun di laptop, dari aplikasi berbayar hingga yang gratisan. Semua ini terjadi karena perluasan literasi di media. Di mana hampir semua media massa, cetak, dan sosial memakai poster/flyer di setiap informasi/postingannya.


Dari sekian banyak aplikasi desain, saya merekomendasikan Pixel Lab. Hal ini didasari fleksibilitasnya yang dapat dioperasikan secara ofline, tidak  terlalalu menghabiskan ruang HP, banyak fiturnya, gratis, dan kualitas gambar HD.


3. Duolingo

Tertarik untuk menguasai bahasa asing tapi tidak ada waktu untuk mengikuti kelas kursus? Aplikasi Duolingo ini cocok banget untuk kamu yang mau belajar bahasa secara otodidak. Aplikasi ini menyediakan pembelajaran seru berbagai bahasa sesuai dengan yang kita butuhkan.


Dunia yang semakin terbuka dan beberapa kebijakan pemerintah yang memungkinkan kita dapat berkompetisi dengan masyarakat global menjadikan skil penguasaan bahasa penting untuk dikembangkan setiap individu, utamanya bahasa internasional yang diakui UNESCO seperti Bahasa Inggris, Arab, Spanyol, Prancis, Rusia, dan Mandarin. Kalo kamu juga pencinta drama korea, bisa juga sekalian belajar bahasa korea. Pokoknya bahasa apapun deh yang kamu mau.



4. Forest

Forest adalah aplikasi stopwatch yang bertujuan untuk membantu kita fokus dalam mengerjakan sesuatu. Aplikasi ini mengadopsi metode pomodoro yang memperkenalkan 25 menit fokus pada pelajaran/pekerjaan dan 5 menit istirahat sebelum melakukan 25 menit yang kedua dst.


Setiap 25 menit kita berhasil fokus, maka kita sedang menanam pohon. Semakin sering waktu fokus kita lakukan, semakin banyak pula pohon yang kita tanam hingga nantinya menjadi selebat hutan.


Skil untuk fokus menjadi amat penting era ini karena ternyata dampak dari distrupsi justru adalah rentannya terdistraksi. Sekecil notifikasi di laptop saja akan mampu membuyarkan pekerjaan kita. Untuk itu, Forest ini akan membantu kita fokus dan memiliki waktu yang berkualitas sehingga pekerjaan pun dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.


5.Behafizh

Ini nih yang paling penting. Sebuah aplikasi yang akan membantu kita mengulang hafalan Al-Qur'an (murajaah). Memangnya menghafal Al-Qur'an jadi skil penting era 4.0 ya? Iya dong! Menghafal Al-Qur'an semata-mata zikir panjang kita kepada Allah SWT, salah satu upaya untuk mengasah fokus, intelektualitas, spiritualitas, dan emosional.


Menghafal Al-Qur'an adalah tahap kedua setelah membaca dengan tartil sesuai dengan kaidah tajwid. Yang lebih penting dari dua tahap itu adalah tahap-tahap setelahnya yaitu memahami makna dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. Jangankan era 4.0, era setelahnya pun Al-Qur'an dan Al-Hadits dapat menjadi solusi dari setiap permasalahannya. InsyaAllah.


Dalam aplikasi ini kita bisa memilih surat atau juz mana yang sudah kita hafal dan akan diujikan sebagai cara untuk mengingatkan kita pada ayat-ayat tersebut. Apalagi bulan Ramadan ini bulannya Al-Qur'an. Ngabuburitnya insyaAllah deh semakin berkah.


Dari 5 aplikasi rekomendasi saya biar ngabuburitmu berfaedah, mana yang paling cocok sama kamu? Boleh cerita yaa di kolom komentar..


Selamat ngabuburit ^^


Sumber : https://thr.kompasiana.com/aru/608446b8d541df0cd9642d22/ngabuburit-sambil-ngasah-skil-4-0-pakai-5-aplikasi-ini?page=1

Posting Komentar

0 Komentar