OJK Wajibkan Lembaga Keuangan Nonbank Terapkan Manajamen Risiko Teknologi Informasi

Tris (71) senang dan lega akhirnya bisa mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis lengkap pada Selasa, 6 April 2021 di sebuah puskesmas di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Berbeda kisah dengan Pram (78) lansia yang tinggal di Kabupaten Sleman, DIY yang sebenarnya antusias divaksin tapi belum juga mendapatkan panggilan untuk vaksinasi COVID-19 sementara teman-teman lansia lain sudah.

"Sudah tanya ke dinkes, tapi katanya tunggu SMS blast dulu. Kalau belum dapat tahap ini, berarti tahap berikutnya," kata Ami, putri dari Pram.

Tris merasa beruntung, berbekal informasi dari Pak RT lewat grup WhatsApp kompleks perumahan, ia bisa dengan mudah mendaftarkan diri mengikuti vaksinasi COVID-19 meski tidak ber-KTP Jawa Barat. "Cuma daftar aja ke Pak RT untuk didata, besok divaksin," katanya.

Bila data Tris sudah masuk, berarti pensiunan guru ini termasuk dari 2,03 persen lansia yang sudah divaksin di Indonesia. Menilik data Kementerian Kesehatan RI per 7 April 2021 pukul 15.00 WIB, baru 437.295 lansia yang sudah divaksin dua dosis vaksin COVID-19 dari target 21.553.118 lansia. Sementara lansia yang sudah disuntik dosis pertama ada 1.843.633 (8,55 persen).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan bahwa cakupan vaksinasi COVID-19 bagi kelompok lansia memang belum mencapai target yang diharapkan. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu mengakui bahwa vaksinasi lansia berjalan lambat.

"Proses percepatan vaksinasi pada lansia pada tahap kedua ini memang masih lambat," papar Maxi dalam Dialog Produktif Rabu Utama, Partisipasi Lansia, Tugas Bersama pada Rabu, 31 Maret 2021.

Beberapa provinsi dengan target vaksinasi COVID-19 lansia cukup besar seperti Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah menunjukkan juga angka yang masih sedikit. Vaksinasi pun masih terkonsentrasi di kota-kota besar seperti Jakarta Pusat misalnya, vaksinasi lansia sudah mencapai 80 persen. Lalu, Surakarta dan Surabaya sudah 50 persen dari target.

"Sementara itu, 400-an kabupaten/kota masih di bawah 25 persen," kata Maxi saat itu. 

Lansia menjadi target prioritas vaksinasi karena kasus kematian akibat COVID-19 di Indonesia pada usia di atas 60 tahun terbilang tinggi, seperti diakui Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Airlangga Hartarto. 

"Memang ini yang menjadi tantangan adalah yang tinggi adalah di sektor lansia. Di mana kasus kematian ini kebanyakan usianya di atas 60 tahun," kata Airlangga dalam Webinar Indonesia Bangkit, secara virtual, Rabu (7/4/2021). 

Pria yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perkeonomian ini juga mengatakan, tingginya angka kematian pada lansia membuat pemerintah mengambil langkah dengan mempercepat penyuntikkan vaksin pada lansia. Adapun hingga saat ini suntikan vaksin COVID-19 secara keseluruhan yang telah dilakukan di Indonesia mendekati lebih dari 13 juta orang.

"Ini yang sedang ditangani oleh pemerintah dengan percepatan ataupun prioritas imunisasi di umur lansia," imbuhnya.

Sumber: https://m.liputan6.com/bisnis/read/4525718/ojk-wajibkan-lembaga-keuangan-nonbank-terapkan-manajamen-risiko-teknologi-informasi









 

Posting Komentar

0 Komentar