PT PMLI Indonesia Jalin Kerja Sama Antarpelabuhan dengan Hamburg Port Consulting


PT Pendidikan Maritim dan Logistik (PMLI), anak perusahaan PT Pelindo II (IPC) menjalin kerja sama antar pelabuhan dengan Hamburg Port Consulting (HPC).

Konjen RI Hamburg, Ardian Wicaksono lewat pernyataan KJRI Hamburg menyampaikan bahwa telah dilaksanakan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak secara virtual pada Kamis (1/4/2021).

Penandatangan itu disaksikan oleh dirinya, serta Direktur Operasi dan Direktur SDM & Umum yang mewakili Direktur Utama PT. Pelindo II.

“Pembentukan kerja sama antar pelabuhan ini sangat tepat bagi Indonesia, mempertimbangkan visi Indonesia untuk membangun konektivitas dan maritim dan pengembangan pelabuhan, termasuk aspek sumber daya manusianya,” kata Konjen Ardian dalam keterangannya, Sabtu (3/4/2021).

Saat ini, IPC mengelola dua belas pelabuhan di Indonesia dengan lalu lintas peti kemas sebanyak 6,72 juta TEU dan non-peti kemas sebanyak 53,48 juta TEU pada tahun 2020.

Pemilihan HPC sebagai mitra kerja sama PT PMLI sendiri didasari pada kompetensi HPC dalam mendukung teknologi pelabuhan Hamburg sebagai salah satu pelabuhan tersibuk di Eropa.

HPC juga memiliki rekam jejak yang baik dalam pengembangan sekitar 1.600 proyek pelabuhan di berbagai belahan dunia.

“Kerja sama yang disepakati antara PT PMLI dengan HPC akan melingkupi beberapa bidang strategis, meliputi teknologi Smart Port, manajemen logistik kepelabuhanan, pemasaran pelabuhan, dan operasi pelabuhan untuk penanganan logistik khusus, seperti container, bahan-bahan cair, dan bahan-bahan berbahaya,” kata Konjen RI.

Konsep Smart Hamburg Port - Terminal Container Altenwelder (CTA) dengan 100% otomatisasi dan 0% carbon footprint yang menggunakan energi terbarukan dipandang cocok untuk dikerjasamakan dengan operator pelabuhan di Indonesia.

Sumber: https://m.tribunnews.com/bisnis/2021/04/04/pt-pmli-indonesia-jalin-kerja-sama-antarpelabuhan-dengan-hamburg-port-consulting














Posting Komentar

0 Komentar