Rotary’s Weekend Market Angkat UMKM, Selvi Ananda Ikut Jualan



Solopos.com, SOLO—Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo berkolaborasi dengan Rotary, Dekranasda Kota Solo, dan Paguyuban Putra Putri Solo mengadakan Pesona Batik dan Live Instagram Shopping pada Sabtu - Minggu (24-25/4/2021).


Kegiatan ini sebagai bagian dari event Berkembang dan Berinovasi menjadi UMKM Keren (Kenduren UMKM) Soloraya 2021.

Live IG Shopping diadakan selama dua hari melalui Instagram Paguyuban Putra Putri Solo dan Bank Indonesia Solo. Ini disiarkan langsung dari Loji Gandrung bertepatan dengan Rotary's Weekend Market 2021 yang bertema Perempuan Dukung Perempuan.

Live IG Shopping dibuka oleh Ketua Dekranasda Kota Solo, Selvi Ananda, pada Sabtu (24/4/2021) dan Wakil Ketua Dekranasda Kota Surakarta, Sherrly Yusnita, pada Minggu (25/4/2021).

Kepala KPw BI Solo, Nugroho Joko Prastowo, mengatakan kegiatan ini juga merupakan suatu bentuk dukungan kepada eksistensi UMKM yang terdampak Covid-19 agar dapat pulih kembali, dengan kebiasaan baru, berdisiplin dalam protokol kesehatan.

“Ini sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia serta peringatan Hari Konsumen pada 20 April 2021 dan Hari Kartini pada 21 April 2021,” ujar dia, kepada wartawan, Minggu (25/4/2021).

Dalam kegiatan Live IG Shopping, Paguyuban Putra—Putri Solo juga memperkenalkan inovasi fitur dari kanal pembayaran terbaru, yakni QRIS Tanpa Tatap Muka (QRIS TTM).

Melalui fitur ini, masyarakat dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan aman, dengan cukup menggunggah QR Code yang diberikan oleh penjual melalui aplikasi pembayaran. Kanal pembayaran ini contactless, sehingga mendukung pencegahan penularan Covid-19.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan Rotary’s Weekend Market, Silviani Tri Budi Esti, menambahkan Rotary’s Weekend Market kali ini berfokus pada memberikan sarana pada UMKM untuk dapat terfasilitasi dalam melakukan kegiatan jual-beli.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari Bank Indonesia dalam mensosialisasikan penggunaan uang elektronik berupa transaksi QRIS dalam berbagai transaksi ekonomi sehingga Solo Smart City dapat terwujud.

“Dalam Rotary’s Weekend Market kali ini jenis dagangan yang akan ditawarkan berfokus pada makanan dan snack untuk berbuka puasa/takjil. Sebagian besar pelaku usaha yang mengisi adalah perempuan yang akan mengenakan kebaya dan kain nusantara,” tutur dia.

Tenant-tenant terdiri dari UMKM binaan Rotary Clubs Solo Area, Ibu-ibu PKK Kota Solo dan PKK Kecamatan, Kadin Solo, Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) Solo, dan Dinas Perdagangan.

Mengingat salah satu area fokus dari Rotary Internasional adalah Community and Economic Development, dengan adanya kegiatan Rotary’s Weekend Market kali ini, Rotary ikut mengambil bagian dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi.

“Hal ini juga selaras dengan program Pemerintah Kota Solo dan Bank Indonesia. Semoga dengan adanya Rotary’s Weekend Market masyarakat mendapatkan sarana untuk melakukan transaksi ekonomi sehingga kondisi perekonomian dapat segera pulih,” jelas dia.


sumber : https://www.solopos.com/rotarys-weekend-market-angkat-umkm-selvi-ananda-ikut-jualan-1120982#

Posting Komentar

0 Komentar