Tandai HUT Emas, Tanto Intim Line Maksimalkan Layanan Berbasis IT dan Tambah Rute ke Labuhan Bajo

Perusahaan pelayaran PT Tanto Intim Line atau Tanto Shipping menandai perayaan Hari Ulang Tahun ke -50 dengan berbagai kegiatan.

Khusus untuk kinerja, perusahaan yang berkantor pusat di Surabaya ini, menandai HUT emas dengan memaksimalkan layanan berbasis Informasi Teknologi (IT) dan memerluas trayek atau rute pelayaran hingga menjadi 35 trayek dengan 33 cabang. 

Direktur Operasional Tanto Intim Line, Arfan Hani mengatakan, Tanto ingin memperkuat posisinya dalam dunia pelayaran, dengan melayani seluruh provinsi di Indonesia. 

“Saat ini total layanan kami baru ada 29 cabang, dengan sebanyak 33 trayek, dan rata-rata penambahan cabang maupun trayek kami selalu mengikuti kebutuhan pasar dan pembangunan sebuah pelabuhan yang mampu disinggahi kapal besar,” kata Arfan Hani.

Dia mengungkapkan hal itu dalam perayaan HUT ke-50 yang digelar secara daring diikuti seluruh cabang, Kamis (1/4/2021).

Lebih lanjut Arfan menyebutkan, saat ini pihaknya mengincar adanya pelabuhan yang memadai di Sulawesi Barat dan di Kalimantan.

Terutama rencana pemerintah mengembangkan daerah Kalimantan sebagai calon ibu kota baru Indonesia di akan datang.

"Kami Sulawesi Barat belum masuk, dan mungkin belum ada pelabuhan yang memadai untuk disinggahi kapal kontainer," kata Arfan.

Karena itu, sudah saatnya segera ada pelabuhan yang bagus dan layak untuk melayani kapal kontainer besar.

Arfan mengatakan selama puluhan tahun perseroan berupaya melayani konsumen dengan komitnen tinggi walau dalam kondisi apapun termasuk pada saat pandemi.

Untuk menjaga kepercayaan relasi, Tanto mengutamakan ketepatan jadwal pelayaran hingga mengembangkan fasilitas teknologi yang membantu konsumen memantau keberadaan barangnya ketika dalam pengiriman. 

“Inilah kunci perjalanan Tanto sampai 50 tahun, yaitu menjaga kepercayaan konsumen, servis tetap kami utamakan,” ungkap Arfan.

Penerapkan teknologi SMS Release Order (RO) dan Sistem Informasi Kontainer Online, saat ini sudah menjadi andalan Tanto dan konsumen.

Lewat SMS RO, pelanggan lebih fleksibel dan hemat waktu atau uang dalam pengurusan dokumen.

Aplikasi baru juga diluncurkan dengan adanya Tanto Link atau T-Link. Aplikasi tersebut dapat mempermudah

pekerjaan customer dalam berbagai hal.

Mulai dari pengecekan jadwal kapal secara realtime, booking kontainer, hingga tracking kontainer.

"Pandemi juga membuat inovasi baru untuk mengurangi paparan dan memaksimalkan keselamatan konsumen," tambah Herman Hartanto, Founder Tanto.

Salah satunya, penerapan cashless yang diaplikasikan dalam fitur Top Up saldo instan di T-Link.

Hanya dengan mengisi saldo, pelanggan bisa melakukan transaksi dengan mudah tanpa harus membayar langsung.

"Selain itu, diterapkan pula paperless. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan customer bisa diunduh dalam

bentuk e-pape atau PDF sehingga tak perlu mengambil langsung atau melakukan print," jelas Herman.

Ketua Indonesia National Shipowners Association (INSA) Surabaya, Stenvens Handry Lesawengen, menambahkan, potensi industri pelayaran, naik domestik maupun internasional terus meningkat.

Namun begitu dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini dibutuhkan stimulus di sektor logistik. 

"Perusahaaan pelayaran selalu memberi layanan yang terbaik. Namun kami juga perlu dukungan pemerintah sebagai regulator untuk bisa menjaga layanan kami tetap terbaik," ungkap Stenvens yang juga hadir dalam perayaan HUT Tanto ke 50 tersebut. 

"Misalnya dulu, kami ada subsidi bahan bakar, lalu selama 15 tahun ini kita sudah tidak ada subsidi, dan dikenakan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ketika masuk pelabuhan, nah kami mau kalau bisa PNBP dihilangkan, kedua PPN bahan bakar juga dipertibangkan,” jelas Stenvens.

Selain itu untuk menunjang industri pelayaran dan juga logistik, pemerintah perlu melakukan standardisasi pelayanan untuk seluruh pelabuhan.

Yaitu di setiap pelabuhan dibangun pelabuhan kontainer agar seluruh nusantara bisa terlayani. 

Sumber: https://surabaya.tribunnews.com/2021/04/04/tandai-hut-emas-tanto-intim-line-maksimalkan-layanan-berbasis-it-dan-tambah-rute-ke-labuhan-bajo





 

Posting Komentar

0 Komentar