ASN tulang punggung implementasi `Smart City` di Kota Bandung

 



Elshinta.com - Untuk mewujudkan kota Cerdas membutuhkan empat hal. Yakni ruang fiskal atau anggaran, modal sosial, infrastruktur komunikasi, dan sumber daya manusia (SDM). Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat Membuka acara Bimbingan Teknis Program Smart City Tahun 2021 secara Virtual di Bandung Command Center, Balai Kota Bandung, Senin (17/5).

Menurut Yana, dalam membangun kota cerdas, Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah SDM yang menjadi tulang punggung implementasi kota cerdas di Kota Bandung.

"Jika dianalogikan, kota cerdas itu tubuh manusia. Untuk menjaganya maka tulang punggungnya harus senantiasa diperkokoh dengan berolahraga dan latihan fisik," ungkapnya.

"Untuk memelihara kota cerdas di Bandung, maka ASN pun harus terus dilatih. Agar pemahaman, cara berpikir, dan kerja, serta keterampilannya semakin baik," lanjutnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Dudi Supriyadi, Senin (17/5).

Yana pun menyampaikan penghargaan yang diraih Kota Bandung dalam konteks kota cerdas, seperti peringkat ke-28 kota tercerdas di dunia versi Eden Strategy Institute.

"Kota Bandung ini merupakan satu-satunya yang mewakili Indonesia. Pencapaian ini prestasi sekaligus beban. Prestasi karena apa yang kita kerjakan mendapat apresiasi dari pihak luar, beban karena jangan sampai ini membuat terlena," ungkapnya.

Oleh karena itu, para ASN harus mengetahui tantangan kota cerdas. Sebagai SDM penunjangnya, ASN perlu menyosialisasikan kota cerdas lebih merata ke masyarakat.

sumber : https://elshinta.com/news/234825/2021/05/17/asn-tulang-punggung-implementasi-smart-city-di-kota-bandung

Posting Komentar

0 Komentar