Di Hadapan 64 Peserta Latpim Nasional, Wali Kota Makassar Paparkan Arti Pemimpin Sesungguhnya

 


bukabaca.id, Makassar – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, membagikan ilmu kepemimpinan di hadapan 64 peserta Latpim Nasional Tingkat II Angkatan IX yang diadakan oleh Puslatbang KMP LAN RI, di LAN Antang, Sabtu (29/5/2021).

Dalam arahannya, Danny menyebutkan kepemimpinan itu memiliki arti tanggung jawab.

“Dalam tanggung jawab ada kata jawab artinya pemimpin itu harus menjawab. Apa yang dijawab? Keluhan warga jika kita pemimpin pemerintahan, jika kita pemimpin perusahaan, kita menjawab keluhan pasar. Jadi pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa mengenal medannya,” ucap Danny.

Ada beberapa tipikal kepemimpinan, kata Danny, yang harus dimiliki seorang pemimpin, yakni pemimpin yang bisa merasakan kebutuhan rakyat sebelum rakyat bicara. Pemimpin yang bisa menyentuh hati rakyatnya. Maka masyarakat akan lebih respect.

Danny juga mengatakan saat kepemimpinannya pasa periode pertama dia menciptakan homecare yang hingga saat ini sangat membantu warganya hingga ke lorong-lorong.

“Saya pengusaha merancang dengan sistem yang murah. Karena pada saat itu uang pemerintah tidak cukup. Maka menjawab pertanyaan itu lahirlah sebuah program homecare. Inovasi kami masuk 10 besar di Asia. Program ini apiikasi Asian Networks. Telemedicine menjadi program indonesia insipirasi Makassar. Menjawab harapan orang miskin yang sakit dengan sistem smart city,” sebutnya.

Tak hanya itu, ia menyebutkan juga program andalannya, yakni Jagai Anak-ta. Program ini berfokus untuk memberikan edukasi dan pengawasan pada anak-anak sejak dini dari dalam rumah.

Program ini diharapkan dapat meminimallam adanya peluang kejahatan yang dilakukan anak di bawah umur karena pergaulan ataupun tekanan psikologis anak.

Program ini diapresiasi oleh peserta Latpim dari Kalimantan Utara (Kaltara).

“Saya sangat apresiasi program Pak Wali soal Jagai Anak-ta. Saya akan bawa ini dan coba terapkan di Kaltara,” sebutnya.

Danny pun menjawab sebelumnya ia sudah diminta oleh Gubernur Kaltara untuk datang berkunjung.

“Insyaallah saya berkunjung ke Kaltara karena saya sudah diminta Gubernur Kaltara untuk berkunjung ke sana,” jelasnya.

Karenanya, Danny berharap pertemuan ini bisa memberikan banyak manfaat bagi para peserta yang kelak akan menjadi pemimpin di kotanya masing-masing. (*)

Pemkot Makassar

sumber : https://www.bukabaca.id/di-hadapan-64-peserta-latpim-nasional-wali-kota-makassar-paparkan-arti-pemimpin-sesungguhnya/


Posting Komentar

0 Komentar