Fakultas Vokasi ITNY Dapat Bantuan Robot Industri

 


TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Fakultas Vokasi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) mendapatkan bantuan Robot Industri. Bantuan tersebut datang dari Direktur CV Berkah Abadi Jakarta, Sabtu (22/5/2021). Bantuan ini merupakan wujud realisasi kerjasama yang telah dilakukan antara CV Berkah Abadi dengan Fakultas Vokasi ITNY beberapa waktu lalu.

CV Berkah Abadi sendiri merupakan perusahaan yang banyak bergerak di beberapa proyek yang terkait bidang otomasi dan robotika. Direktur CV Berkah Abadi merupakan alumni Teknik Elektro ITNY, Triyanto Setyo Rukmono ST.


Dekan Fakultas Vokasi ITNY, Tugino ST MT mengatakan, bantuan Robot Industri ini sangat penting dan strategis dalam rangka membantu pembelajaran teknologi robotika kepada Mahasiswa sejak dini saat kuliah.

“Mahasiswa diharapkan sudah siap apabila menghadapi tantangan teknologi sistem robotika di lapangan/industry,” kata Tugino..

Rektor ITNY, Dr Ir H Ircham MT menyampaikan terimakasih atas peran serta Alumni dalam membantu almamater untuk pengembangan laboratorium. Seperti, diketahui bahwa bidang Robotika merupakan perpaduan ilmu multidisiplin yang lahir dari gabungan beberapa bidang ilmu seperti sistem mekanika, elektronika, dan komputer. Hal ini terkait juga dengan pengembangan integrasi antara robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem yang cerdas (autonomous) yang dapat diaplikasikan di berbagai bidang termasuk melibatkan teknologi Internet of Things (IoT), cloud computing, dan cognitive computing, imbuh Rektor ITNY.

“Di sisi lain kecerdasan buatan sebagai suatu disiplin ilmu komputer mempunyai aplikasi yang luas untuk pendukung pengambilan keputusan,” kata Ircham.

Tugino menambahkan pembelajaran sistem Robotika di Fakultas Vokasi ITNY memiliki tujuan untuk mengembangkan ilmuwan kreatif yang dapat berkontribusi pada penelitian dan pengembangan atau produksi terkait dengan teknik mesin, elektronik, robot industri, robot rumah, dan bidang terkait lainnya.


“Mahasiswa akan belajar dalam kelompok-kelompok kecil, bersama-sama melakukan praktik pemrograman dan mengoperasikan robot. Selain itu, mahasiswa juga ditantang untuk medesain robot dan melakukan penelitian supaya bisa menciptakan robot-robot yang memiliki fitur baru,” terang Tugino.

Sebagaimana diketahui, Fakultas Vokasi ITNY sudah menyiapkan kurikulum dan pembelajaran teknologi robotik yang dilengkapi dengan laboratorium yang cukup memadai. Hal ini dilakukan untuk mendukung kesiapan Lulusan di Fakultas Vokasi ITNY dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi. Dengan adanya bantuan robot industri tersebut tentu akan semakin mendukung pengembangan pembelajaran di ITNY. (*)

sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/348592/fakultas-vokasi-itny-dapat-bantuan-robot-industri



Posting Komentar

0 Komentar