Gencarkan Pengembangan Smart City Bidang Pariwisata, Ini yang Dilakukan Pemkot Malang

 


NUSADAILY.COM – MALANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalujan berbagai upaya untuk mewujudkan smart city. Tidak hanya layanan berbasis digital, pengembangan pariwisata juga digencarkan.

Apalagi, belum lama ini, Pemkot Malang telah menandatangani Nota Kesepakatan bersama Kemenkominfo RI.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang M Nur Widianto mengatakan, pengembangan pariwisata berbasis smart city di Indonesia diharapkan semakin menguat. Dalam hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, bersama dua daerah lainnya, yakni Kota Batu dan Kabupaten Malang.

“Dalam hal ini, wisata Malang Raya sebagai pengembangan pariwisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS),” terang dia, Minggu (23/5/2021).

Pria yang akrab disapa Wiwid ini menambahkan, wilayah Kota Malang menjadi salah satu yang diharapkan terlibat lebih optimal. Sebab, banyak potensi-potensi kreatif yang ada.

Seperti, adanya perguruan tinggi yang memiliki anak-anak kreatif, hingga komunitas digital ekonomi kreatif. Sehingga, berbagai sektor dapat terlibat dalam pengembangan pariwisata tersebut.

“Harapannya, ada semacam roadmap bagaimana bisa menumbuh kembangkan beragam aktivitas di bidang ekonomi, pendidikan, sosial, yang menopang pengembangan wisata berbasis smart city,” imbuh dia.

Pria yang juga menjabat sebagai Plt Kabag Humas Pemkot Malang ini menambahkan, dengan adanya sinergi tersebut, bisa menghasilkan sinergi yang baik.

“Bagaimana ada keselarasan gerak antara pemerintah pusat dan daerah terkait pengembangan pariwisata berbasis smart city tersebut,” pungkas dia.(nda/kal)

sumber : https://nusadaily.com/regional/gencarkan-pengembangan-smart-city-bidang-pariwisata-ini-yang-dilakukan-pemkot-malang.html

Posting Komentar

0 Komentar