Gerakan Gemar Belajar Membaca Bupati Tapteng Kenalkan Perpustakaan Digital

 

Menindaklanjuti instruksi Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Tapteng.


Itu dibuat sesuai gerakan literasi digital nasional yang dicanangkan Presiden RI Jokowi dan gerakan gemar membaca.


Maka dari itu, Pemkab Tapteng melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip telah menyediakan perpustakaan digital melalui aplikasi smartphone yang memiliki berbagai buku elektronik (e-Book) di era revolusi industri 4.0.


E-book yang merupakan bentuk literasi dari perpustakaan digital ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam memperoleh berbagai buku bacaan untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan, selain pilihan buku secara fisik yang disediakan oleh perpustakaan.


Saat ini, pengembangan perpustakaan memang harus mengadopsi perkembangan teknologi, khususnya teknologi digital.


Keberadaan e-Book yang dapat diakses melalui perpustakaan digital dihadirkan juga untuk memperluas jangkauan perolehan bacaan kepada masyarakat karena sifatnya yang mudah diakses dan lebih praktis, meskipun saat ini Buku secara fisik memang masih merupakan pilihan utama.


Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tapteng Asdani Padang, Senin (24/5/2021).


"Keberadaan perpustakaan digital dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan buku bacaan berbentuk buku elektronik atau e-Book yang berkualitas, apalagi di masa pandemi Virus Corona atau Covid-19 saat ini,” kata Plt Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tapteng.


Asdani Padang menjelaskan aplikasi perpustakaan digital yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Tapteng itu bernama “Perpustakaan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah” yang dapat diunduh (download) pada Play Store yang ada di telepon selular (handphone).


“Setelah aplikasi ‘Perpustakaan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah’ diunduh, lanjut mengisi registrasi, dan setelah dikonfirmasi admin melalui email, perpustakaan digital tersebut sudah dapat digunakan,” terang Plt Kadis Perpustakaan dan Arsip Tapteng.


Asdani Padang berharap seluruh lapisan masyarakat, khususnya para siswa di Tapanuli Tengah dapat menggunakan perpustakaan digital ini sebagai alternatif sumber buku bacaan dalam bentuk e-Book.


Selain perpustakaan digital, masyarakat juga dapat berkunjung ke Perpustakaan yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tapanuli Tengah untuk mendapatkan berbagai buku bacaan yang bermanfaat di jam kerja.


“Sejak Senin hingga Jumat pukul 09.00 WIB-11.00 WIB dan pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB,” ungkapnya.


“Mari kita sukseskan Gerakan Literasi Digital Nasional dan tingkatkan kegemaran membaca yang baik,” pungkas Plt Kadis Perpustakaan dan Arsip Tapteng, Asdani Padang. (mc/fan)


Sumber : https://makobar.com/gerakkan-gemar-membaca-bupati-tapteng-kenalkan-perpustakaan-digital

Posting Komentar

0 Komentar