Jaringan 5G Telkomsel Menjadi Pemacu Kompetitor untuk Bersaing

 

Jaringan 5G Milik Telkomsel Menjadi Pemacu Kompetitor untuk Bersaing. (Foto: MNC Media)

Akselerasi trnsformasi digital resmi diluncurkan hari ini, Kamis (27/5/2021). Peluncuran jaringan 5G Telkomsel ini menjadi pemacu semangat operator kompetitor.

Dimulainya layanan 5G oleh Telkomsel ini bukan hanya merupakan pemenuhan akselerasi transformasi digital sesuai arahan Presiden Joko Widodo saja, melainkan sebagai wujud Indonesia tetap bisa bangkit di tengah ketidakpastian akibat pandemi Covid-19. 

“Di masa pandemi ini menunjukkan bahwa meski masih bergulat dengan Covid-19 tapi kita adalah bangsa yang tangguh buktinya tetap tidak ketinggalan dalam mengadopsi teknologi terbaru,” ujar Pengamat Information and Technology, Heru Sutadi, kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (27/5/2021). 

Beragam proses dilakukan Telkomsel untuk dapat meriliskan jaringan 5G kepada masyarakat Indonesia. Hal itu terlihat dari masa percobaan yang dilakukan saat Asian Games Jakarta-Palembang 2018 silam.

Perlu diketahui, tahun 2019 Telkomsel telah melaksanakan Telkomsel 5G for industry 4.0 di Batam untuk menjalankan uji coba jaringan 5G di lingkungan industri. Sampai pada akhirnya hari ini secara resmi jaringan 5G Telkomsel bisa digunakan.

Heru menyerukan harapannya dari pengembangan digital ini dapat menggerakkan ekonomi bangsa khususnya dari UMKM, dan dapat menjawab tantangan Work From Home (WFH), Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan hal lainnya yang mengharuskan jaringan yang kuat. 

“Sasaran pertama dari komersial ini adalah residensial, karena aktivitas masyarakat Indonesia sekarang ini banyak menghasbiskan waktunya di rumah. Maka dari itu diperlukan jaringan yang mendukung,” kata dia. 

Datangnya jaringan 5G di lini kehidupan masyarakat Indonesia, tak dipungkiri akan berdampak pada operator lain. Namun Heru menegaskan, bahwa hal itu dijadikan pemacu kompetitor untuk dapat memberikan layanan yang serupa agar tetap menjaga eksistensinya.

Heru mengingatkan kepada operator lain untuk tidak meluncurkan layanan apabila belum siap sepenuhnya serta dari segi jaringan belum sebesar Telkomsel. Karena hal demikian dapat menurunkan nilai di mata pengguna. (TYO)


Sumber : https://www.idxchannel.com/economics/jaringan-5g-milik-telkomsel-menjadi-pemacu-kompetitor-untuk-bersaing

Posting Komentar

0 Komentar