Jokowi Bicara Teknologi 'Jarvis Iron Man' di Sektor Kesehatan


Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai perkembangan digital yang makin berkembang dan bergerak sangat cepat. Tak terkecuali, di bidang kesehatan.
Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat meresmikan Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional Tahun 2021 secara virtual di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Kita juga harus mengantisipasi teknologi di dunia kesehatan. Ini juga hati-hati di dunia kesehatan," kata Jokowi, Selasa (4/5/2021).

Perkembangan Internet of Things (IoT) saat ini memang sudah bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat. Kini, kehidupan manusia sudah bisa berdampingan dengan teknologi canggih.

IoT merupakan konsep di mana suatu objek tertentu memiliki kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa memerlukan interaksi dari manusia ke manusia atau dari manusia ke perangkat komputer secara fisik.

Seperti film Iron Man, yang mengandalkan artificial intelligence (AI) untuk membantu Tony Stark dalam mengerjakan segala aktivitasnya, baik di rumah maupun pada saat bertempur di medan perang.

"Health tech akan semakin berkembang dengan pesat lebih dari sekedar pemeriksaan konsultasi medis jarak jauh, tapi juga pemanfaatan AI untuk diagnosis, untuk pelaksanaan pengobatan, untuk precision medicine, hingga tindakan operasi jarak jauh segera ini bisa dilakukan di mana pun," katanya.

Situasi ini, ditegaskan Jokowi perlu menjadi perhatian khusus pemerintah, terutama dalam merancang perencanaan. Pemerintah harus responsif terhadap disrupsi yang telah membuat dunia berubah begitu cepat.

"Harus responsif terhadap tantangan dan peluang yang muncul sangat cepat, tidak kita duga, harus responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," tegasnya.

sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210504110656-37-242981/jokowi-bicara-teknologi-jarvis-iron-man-di-sektor-kesehatan

 

Posting Komentar

0 Komentar