Keren, Pasar Bahulak di Plupuh Masuk Nominasi Program Unggulan Sragen Menuju 100 Smart City. Ini Dia Daftar 6 Program Unggulan Pemkab!

 


SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemkab Sragen melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen mulai mempersiapkan diri untuk mewujudkan program Smart City di Sragen.

Salah satunya dengan melaksanakan bimbingan teknis persiapan tinjauan lapangan (field evaluation) secara daring program gerakan menuju 100 smart city tahun 2021.

Bintek digelar di ruang Oproom Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen, Senin (10/05/2021) dengan menginventarisir sejumlah program unggulan. Salah satunya Pasar Bahulak di Karungan Plupuh.

Kegiatan bimtek dipimpin oleh ketua tim pelaksana sragen smart city, Yuniarti selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen.

Bimtek diikuti oleh tim pelaksana smart city dan perwakilan perangkat daerah di Kabupaten Sragen.

“Masing-masing dimensi diharapkan bisa mengajukan inovasi yang impact-nya dirasakan langsung oleh masyarakat dan untuk dipersiapkan PIC masing-masing dimensi terkait untuk verifikasi lapangan, termasuk narasumber dari masyarakat.”, Ungkap Yuniarti dalam pembukaan bimtek tersebut.

Masing-masing dimensi untuk menominasikan satu program unggulannya. Sehingga nanti ada 6 program yang bisa dimunculkan.

Perangkat Daerah yang menjadi leading sektor dari program unggulan per dimensi yang terpilih, otomatis menjadi PIC dan akan diundang kembali dalam rapat desk guna persiapan teknis secara detail. Rencana desk dilaksanakan hari Rabu, 19 Mei 2021, terangnya.


Dalam bimtek tersebut disampaikan tinjauan lapangan program gerakan menuju 100 Smart City oleh tim Kemkominfo secara daring, akan dilaksanakan pada hari Senin sampai dengan Selasa, tanggal 24 sampai dengan 25 Mei 2021 mendatang.

Penjelasan teknis mengenai tinjauan lapangan disampaikan oleh Hartono, Kabid Pendayagunaan Teknologi Informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi para peserta guna mengusulkan program-program unggulan di masing-masing dimensi smart city.

Adapun program per dimensi yang diusulkan adalah sebagai berikut Smart Branding dengan Pasar Bahulak, dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sragen, Smart Economy dengan padi organik dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Lalu Smart Environment dengan teknologi pengolahan persampahan dari Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Sragen. Ada Smart Government, Smart Living dengan PSC dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen.

Sigap Tuna Sosial dari Dinas Sosial, Tesia mobile (Dinas PPKBP3A), Smart Society dengan Matra dari UPTPK Kabupaten Sragen dan Sisca dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sragen.

Diharapkan dengan keterlibatan secara aktif perangkat daerah di Kabupaten Sragen bisa maksimal dalam persiapan tinjauan lapangan menuju 100 Smart City. Wardoyo

sumber : https://joglosemarnews.com/2021/05/keren-pasar-bahulak-di-plupuh-masuk-nominasi-program-unggulan-sragen-menuju-100-smart-city-ini-dia-daftar-6-program-unggulan-pemkab/



Posting Komentar

0 Komentar