Menuju Digitalsasi UMKM, Gus Ipul Launching Aplikasi Si Duta dan Kurma

 

Pasuruan, Sebagai wujud dukungan digitalisasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di era disruptive technology atau era Revolusi Industri 4.0, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinas KopUM) merintis Aplikasi bernama ‘Si Duta’ (Sistem Informasi Data UMKM Kota Pasuruan) dan ‘Kurma’ (Kredit Usaha Rakyat Mandiri) yang merupakan rintisan dari Bank Jatim Cabang Kota Pasuruan. Dilaunching oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pada hari Senin tanggal 10 Mei 2021, Si Duta Dan Kurma diharapkan mampu menaikkan kelas UMKM dan menciptakan pengelolaan database UMKM.

Acara yang digelar di Gedung Kesenian Kota Pasuruan ini dihadiri Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Ketua TP PKK Kota Pasuruan, Hj. Fatma Saifullah Yusuf, Wakil Ketua TP PKK Kota Pasuruan, Ani Adi Wibowo, Ketua Darma Wanita Persatuan Kota Pasuruan, Christinari Ratih Anom, Kepala Bank Jatim Cabang Pasuruan, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas Koperasi dan UM, Kepala Perangkat Daerah lainnya terkait, dan tamu undangan lainnya.

Tujuan dilaunchingnya aplikasi ini untuk mendukung pengelolaan database UMKM sebagai wahana kontrol dan promosi, memberi kemudahan keberadaan UMKM binaan untuk mempromosikan produk, dan pemetaan produk UMKM unggulan Kota Pasuruan melalui media online. Sehingga masyarakat dapat melihat produk dan barang baru produksi UMKM melalui katalog online kapan saja dan dimana saja.

Sebagai penggerak ekonomi dan penyerap tenaga kerja, diharapkan 6.000 UMKM yang tersebar di Kota Pasuruan mampu bertahan dan terus mengembangkan metode pemasaran khususnya ditengah era digital. Sehingga selain memanfaatkan media offline, UMKM juga perlu memanfaatkan secara maksimal media online untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan omzet/pendapatan.

“Pilihannya tidak ada yang lain, kecuali memperkuat UMKM agar berjaya di dunia online. Saya dsn Mas Adi berkomitmen untuk mendorong agar UMKM Kota Pasuruan agar sanggup berjaya di dunia online,” ujar Gus Ipul.

Lebih lanjut disampaikan, untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya kelengkapan dan update data UMKM di Kota Pasuruan yang tergabung dalam big data. Karena jika terdapat data yang lengkap, Pemerintah mampu mengetahui metode dan cara apa harus membantu UMKM agar berjaya sesuai kebutuhannya masing-masing.

“Maka itu saya menyambut baik hadirnya Si Duta yang dilaunching ini. Harapannya akan ada data UMKM dan adanya wahana promosi bagi UMKM,” pungkas Gus Ipul. (ajo/gus).


Sumber : https://www.kabarpas.com/menuju-digitalisasi-umkm-gus-ipul-launching-aplikasi-si-duta-dan-kurma/

Posting Komentar

0 Komentar