Pendapatan Emak-Emak Naik, Infrastruktur Digital Perlu Dikebut

 

Industri (Foto: Shutterstock)


JAKARTA - Ekonom Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia Fajar B. Hirawan menilai infrastruktur digital masih perlu ditingkatkan dan perlu diakselerasi dalam mendorong penerapan industri 4.0. Menurutnya, infrastruktur digital akan berdampak pada peningkatan suatu daerah

Berdasarkan studi CSIS, ketika terjadi peningkatan akses digital sebesar 10% di suatu daerah maka bisa meningkatkan PDRB suatu daerah tersebut sampai dengan 0,92%.

"Ada studi lain juga menunjukan bahwa ada hubungan yang positif antara peningkatan akses digital dengan peningkatan pendapatan rumah tangga. Jadi menurut saya memang ini sangat penting," ujarnya dalam Market Review IDX Channel, Rabu (19/5/2021).

Menurut Fajar, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan infrastruktur digital di mana terjadi pergeseran perilaku masyarakat akibat pandemi Covid-19. Bahkan sektor ICT (Information Communication Technology) atau teknologi informasi dan telekomunikasi memiliki kontribusi yang cukup baik di tengah pandemi Covid-19.

"Sektor ICT bisa tumbuh positif dua digit, yaitu 10,58% di tahun 2020 saat sektor lainnya mengalami kontraksi khususnya industri pengolahan yang terkontraksi sekitar -2,9 di tahun 2020," ungkapnya.

Tantangan lainnya adalah penyebaran infrastruktur digital di Indonesia yang masih belum merata. Bahkan di Jawa Barat masih ada wilayah yang belum terjangkau infrastruktur digital.


Sumber : https://economy.okezone.com/read/2021/05/19/320/2412268/pendapatan-emak-emak-naik-infrastruktur-digital-perlu-dikebut

Posting Komentar

0 Komentar