Renat Heuberger, CEO di South Pole, wawancara dengan im

 


Oleh Patrick Junte

Moneycab.com: Investor berpengaruh Lightrock Mr Heuberger, dipimpin oleh Liechtenstein LGT dan Princely House of Liechtenstein, memiliki 10% saham di Antartika. Bagaimana Lightrock terlibat?

Renate Huberger: Perlindungan iklim telah menjadi masalah yang semakin mendesak dalam beberapa tahun terakhir. Kutub Selatan kami, cabang ETH Zurich, telah aktif dalam topik ini selama 15 tahun dengan solusi iklim perusahaan dan peluang investasi dalam proyek perlindungan iklim di seluruh dunia. Permintaan produk kami meningkat secara dramatis, meskipun terjadi krisis COVID-19. Kami tahu: Untuk bisa tumbuh dengan cepat, kami butuh modal baru. Namun, kami tidak ingin mendapatkan modal dari suatu tempat, tetapi dari investor yang sepenuhnya memiliki visi yang sama tentang perlindungan iklim. Kami menganggap Lightrock sebagai investor yang ideal.

Apa arti partisipasi bagi Antartika?

Berbagi, di satu sisi, berarti kami sekarang dapat mengerjakan solusi AC dengan banyak klien dan kami dapat memperluas portofolio proyek kami secara luas di seluruh dunia. Di masa depan, kami juga ingin menciptakan beberapa dana iklim yang diinvestasikan secara khusus dalam proyek dan teknologi rendah karbon. Sasaran kami adalah menghindari lebih dari satu miliar ton karbon dioksida pada tahun 2025. Di sisi lain, kami dapat memanfaatkan jaringan Lightrock yang sangat bagus.

Anda ikut mendirikan Antartika pada tahun 2006 dengan keyakinan Anda bahwa sektor swasta harus terlibat dalam perang melawan perubahan iklim jika ingin berhasil. Apa pengalaman pertama dan apa kenyataan hari ini?

Orang akan berpikir bahwa peran didefinisikan dengan jelas: negara membuat aturan, dan perusahaan swasta bertindak sesuai aturan tersebut. Namun, di bidang perlindungan iklim, tidak ada cara lain untuk mengatakan ini, komunitas internasional sejauh ini telah gagal total. Bahkan saat ini di banyak tempat, hampir atau seluruhnya bebas untuk meniup karbon dioksida ke udara. Itulah mengapa jelas bagi kami sebagai mahasiswa ETH bahwa transformasi ini tidak akan mungkin terjadi tanpa partisipasi langsung dari sektor swasta. Kami ingin memberikan solusi untuk ini. Menariknya, kita melihat pembalikan kenyataan hari ini: Semakin banyak perusahaan dan investor besar yang berpegang pada tujuan nol bersih, dan di pihak mereka, mulai menekan pemerintah untuk peraturan yang lebih ketat dan transparansi yang lebih besar. Untuk perusahaan yang masih mengabaikan perubahan iklim saat ini dan tidak ingin menjadi bagian dari solusi, itu akan menjadi sangat sempit dalam beberapa tahun.

“Di bidang perlindungan iklim, tidak ada cara lain untuk mengatakannya. Komunitas internasional sejauh ini telah gagal total.”
Renate Heuberger, CEO Antartika

Antartika menasihati dan menemani 3.000 perusahaan di seluruh dunia tentang masalah keberlanjutan, termasuk lebih dari setengah dari 500 perusahaan terbesar di dunia. Adakah strategi komprehensif untuk semua perusahaan ini dari berbagai industri?

Strategi kami disebut “Perjalanan Iklim”. Hal yang menyenangkan tentang itu adalah setiap perusahaan, besar atau kecil, dan dari sektor apa pun, dapat berpartisipasi, mulai hari ini. Secara kasar, perjalanannya berjalan seperti ini: Pertama, kami menghitung jejak karbon dioksida, baik di perusahaan maupun di rantai nilai. Kami juga menghitung risiko iklim perusahaan. Kemudian kami mengidentifikasi topik penting terkait iklim di perusahaan, yang tentu saja bisa sangat berbeda tergantung pada industrinya. Kemudian kami menentukan tujuan dengan perusahaan – misalnya tujuan nol bersih atau tujuan netralitas iklim.

Dan sekarang bagian penting dari perjalanan dimulai: mengurangi CO2 tahun demi tahun, mengimbanginya, dan mendanai proyek, idealnya dengan partisipasi klien. Pada titik ini, DNA Kutub Selatan menunjukkan dirinya sebagai pengembang proyek perlindungan iklim internasional. Beberapa pakar kami bekerja langsung di lokasi untuk menerapkan tindakan tertentu. Dengan pengalaman kami, kami bahkan dapat membantu klien kami menerapkan perlindungan iklim yang efektif langsung ke dalam rantai nilai mereka. Terakhir, ada bagian terindah dari perjalanan bagi banyak klien: komunikasi yang membanggakan dan persuasif untuk berkomitmen secara internal dan eksternal untuk menginspirasi sebanyak mungkin perusahaan lain dan menginspirasi karyawan!

Tidak terkecuali karena alasan citra, perusahaan harus berurusan dengan topik tersebut. Apakah Anda masih harus meyakinkan Anda atau akankah sebagian besar perusahaan mendekati Antartika?

Ketika kami memulai iklim saya pada tahun 2002 dan Antartika pada tahun 2006, banyak perusahaan bahkan tidak menyadari bahwa perubahan iklim sedang terjadi. Kami harus melakukan banyak persuasi. Saat ini kami memiliki begitu banyak pertanyaan sehingga sulit bagi kami untuk mengikutinya. Sejak pecahnya krisis COVID-19, kami memiliki hampir dua kali lipat staf kami, menjadi lebih dari 500 hari ini.

Hingga saat ini, mereka telah mengembangkan hampir 1.000 proyek di lebih dari 50 negara untuk membantu menyelamatkan gas rumah kaca. Seberapa besar spektrum proyek-proyek ini?

Cakupan proyek kami sangat besar. Mulai dari penghijauan, perlindungan hutan, perlindungan rawa, penanaman bakau, pengelolaan limbah, pembangkit energi biogas, dan daur ulang, hingga kompor masak yang efisien untuk daerah miskin serta proyek energi terbarukan dan efisiensi energi. Kami baru-baru ini mulai menambahkan penyerap CO2 teknis ke dalam program kami; Ini adalah proyek di mana karbon dioksida ditarik dari atmosfer untuk disimpan sebagai kayu atau langsung di tanah.

Bagaimana proyek-proyek ini didanai?

Sebagian besar proyek didanai oleh kombinasi dana lokal dan internasional. Hal yang menarik tentang kompensasi CO2 adalah bahwa uang ini dibayarkan dalam bentuk sesuatu yang disebut “pembayaran berbasis hasil”: kontrak menyatakan bahwa pemilik proyek menerima sejumlah uang yang disepakati untuk setiap ton CO2 yang disimpan. Ini menciptakan insentif yang kuat untuk benar-benar mengelola proyek dalam jangka panjang.

Setelah bertahun-tahun ketidaktahuan di bawah Presiden Trump, Amerika Serikat, yang dipimpin oleh Joe Biden, tampaknya membuat kemajuan dalam perang melawan pemanasan global. Bagaimana Anda menilai situasi di Amerika Serikat, di mana Antartika juga aktif?

Dalam buku-buku sejarah, Anda mungkin suatu hari akan dapat membaca bahwa pergeseran 180 derajat oleh Amerika Serikat pada menit-menit terakhir telah menempatkan perlindungan iklim pada jalur yang benar. Anda tidak bisa meremehkan pentingnya itu. Dan bukan hanya karena Amerika Serikat sendiri, tetapi di atas semua itu karena sinyalnya yang kuat yang disiarkan ke seluruh dunia. Negara-negara seperti Rusia, Indonesia atau Brazil tidak akan bisa bersembunyi selamanya jika Uni Eropa, China dan USA kini berkomitmen untuk melindungi iklim.

“Dalam buku sejarah, suatu hari Anda mungkin dapat membaca bahwa pergeseran 180 derajat oleh Amerika Serikat pada menit terakhir menyebabkan perlindungan iklim di masa mendatang.”

Perubahan iklim terbukti; Selama bertahun-tahun kami menghadapi berita utama setiap hari tentang penggundulan hutan hujan atau pencairan gletser. Masalahnya tampak begitu berat sehingga orang tersebut merasa kewalahan. Bagaimana Anda menghadapi fenomena ini?

Memang, tidak selalu mudah untuk mencegah semua bencana ini. Tetapi penting untuk diketahui bahwa kita pasti mencapai kesuksesan. Pikirkan, misalnya, tentang energi terbarukan: Siapa yang percaya 15 tahun yang lalu bahwa ia akan menjadi sumber energi termurah dengan begitu cepat dan secara global? Atau pikirkan tentang investasi berkelanjutan: Uang yang dioptimalkan untuk iklim memiliki aliran sumber daya keuangan yang jauh lebih besar daripada dana konvensional. Ada begitu banyak berita inspiratif yang sayangnya sering kali tidak mendapat tempat yang tepat di media. Kami berada di jalur yang benar – tetapi sekarang kami harus berakselerasi sekali lagi.

“Tentu saja Anda dapat mengabaikan sains – tetapi seperti yang ditunjukkan oleh COVID-19, itu tidak berkontribusi pada harapan hidup yang lebih lama.”

Terlepas dari pandemi Coronavirus, permintaan solusi perlindungan iklim terus meningkat selama setahun terakhir. Seberapa penting kesadaran bahwa krisis juga dapat menjadi peluang untuk menjadikan perekonomian lebih ramah iklim?

Faktanya, COVID-19 telah menghidupkan kembali debat iklim, bukan memperlambatnya. Kami pikir ada dua faktor lain yang berperan di sini juga: Perusahaan menyadari bahwa mereka harus siap menghadapi risiko global jika mereka ingin menjadi lebih kuat. Kami juga melihat bahwa sebagian besar mendengarkan pengetahuan ilmiah yang semakin banyak. Tentu saja Anda dapat mengabaikan sains – tetapi seperti yang ditunjukkan COVID-19, itu tidak berkontribusi pada harapan hidup yang lebih tinggi.

Bagaimana Anda melihat peran politik? Selama pandemi, virus ini bertindak sangat cepat dan mengambil tindakan luas yang dapat diterima oleh sebagian besar penduduk. Bukankah itu juga mungkin terjadi dengan masalah iklim?

Jika UBS atau Swissair bangkrut besok, atau jika nenek Anda akan terjangkit COVID-19 besok – semuanya akan terjadi dengan sangat cepat. Terkait iklim, ada risiko Anda akan menunggu di hari lain. Situasi ini sangat berbahaya. Dengan Kesepakatan Hijau Eropa, misalnya, Uni Eropa telah mempresentasikan peta jalan untuk ekonomi berkelanjutan, dengan sasaran nol emisi gas rumah kaca pada tahun 2050. Di Swiss, sekarang ada peluang untuk memperkenalkan karbon dioksida yang sangat besar ya pada bulan Juni 13!

Tuan Heuberger, terima kasih banyak atas wawancaranya.

sumber : https://beritautama.net/renat-heuberger-ceo-di-south-pole-wawancara-dengan-im/

Posting Komentar

0 Komentar