Utomodeck dan Ubaya Kerjasama Wujudkan Kampus Merdeka dan Energi Bersih



SURABAYA - Utomodeck Group berkomitmen mewujudkan " Kampus Merdeka ” yang diinisiasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Komitmen ini dibuktikan dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Surabaya (Ubaya).


MoU dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dilakukan di gedung perpustakaan Ubaya, belum lama ini. Penandatanganan MoU dilakukan Darmawan Utomo selaku pemilik dan founder Utomodeck dan Rektor Ubaya Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T.

Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Baca juga: Fasilitasi Calon Tenaga Medis Handal, Ubaya Bangun Rumah Sakit 9 Lantai

Kampus Merdeka memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus semata-mata bertujuan agar kompetensi mahasiswa sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Pembentukan program studi baru yang mendukung kebutuhan kerja juga sebagai langkah awal yang baik. Utomodeck Group, dengan lini usahanya di bidang Energi Terbarukan menyambut baik kehadiran Pusat Studi Energi Terbarukan (PSET) UBAYA.

“Utomodeck Group menjunjung tinggi inovasi produk. Meskipun Utomodeck adalah rekoris MURI dan Guinness World Record serta pemegang hak paten banyak profil atap, tapi kami tidak berhenti di sana. Salah satu inovasi Utomodeck yang ikut mendukung program Energi Terbarukan adalah atap yang terintegrasi dengan solar panel," elas Darmawan Utomo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/5/2021).

Darmawan menambahkan, atap terintegrasi dengan solar panel yang diusung Utomo SolaRUV ini menjadi model percontohan Rumah Listrik Surya yang diperkenalkan Menteri ESDM Ignasius Jonan saat mengkampanyekan Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap di Jakarta.

Atap solar panel Utomo SolaRUV mempunyai banyak keunggulan selain kualitas daya tahan, yakni hemat biaya listrik hingga 15%, biaya perawatan terjangkau, hingga bisa menjadi investasi menjanjikan berupa kebijakan jual beli dengan PLN.

Energi Surya Semakin Jadi Primadona Riset Perguruan Tinggi
Dukungan perguruan tinggi terhadap kampanye energi bersih dinilai penting untuk memaksimalkan edukasi kepada masyarakat. Riset tentang pengembangan Solar Tracking System yang diinisiasi oleh mahasiswa UBAYA, menjadi salah satu contohnya.

Riset ini akan menghasilkan sebuah sistem otomatis yang mampu mengikuti arah gerakan matahari sehingga dapat mengoptimalkan penerimaan energi matahari oleh solar cell. Semakin besar intensitas cahaya matahari yang ditangkap oleh solar panel, semakin besar daya listrik yang dihasilkan.

Oleh karena itu, perlu dibuatkan sebuah sistem yang dapat membuat solar cell selalu mengikuti arah gerakan matahari dan menambah efisiensi solar panel dalam menyerap energi matahari.

sumber : https://daerah.sindonews.com/read/418624/704/utomodeck-dan-ubaya-kerjasama-wujudkan-kampus-merdeka-dan-energi-bersih-1620183916

Posting Komentar

0 Komentar