Bosch Mulai Produksi Chip di Pabrik Dresden Jerman

 


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan komponen otomotif dan solusi mobilitas Jerman Bosch sudah mulai memproduksi chip di pabrik barunya di Dresden, Jerman. Hal ini dalam upayanya menyambut tingginya permintaan semikonduktor dan perangkat mikroelektronik lainnya.

Langkah Bosch ini juga diharapkan dapat membantu mengatasi kekurangan pasokan semikonduktor global. Pasalnya, saat ini yang memaksa banyak produsen mobil mengurangi produksi hingga memangkas fitur.

"Kekurangan pasokan semikonduktor saat ini juga disebabkan oleh dorongan pandemi yang diberikan pada digitalisasi. Kami harus memastikan dorongan ini terus berlanjut. Semikonduktor menjaga digitalisasi tetap berjalan. Tidak ada sistem elektronik yang akan bekerja tanpa mereka," kata Chairman Bosch, Volkmar Denner, dalam pernyataan resmi, dikutip Selasa (8/6).

Denner mengatakan, permintaan chip meningkat, pasar tumbuh. Tahun ini saja, diperkirakan akan tumbuh 11 persen, menjadi lebih dari 400 miliar euro.

"Kami sekarang mencapai langkah kami, dan akan memulai produksi enam bulan lebih awal dari yang direncanakan," lanjut Denner.

Pada awal Juli nanti, chip pertama akan dipasang di peralatan listrik Bosch. Bosch telah mempercepat dimulainya produksi chip untuk industri otomotif selama tiga bulan, dari Desember hingga September. Semikonduktor dari Dresden akan membuat kendaraan lebih aman, lebih efisien, lebih baik.

Dalam kendaraan listrik, misalnya, mereka mengontrol aliran energi dan mengatur interaksi sumber energi dan tenaga kuda. Semikonduktor adalah otot, organ sensorik, dan otak dari internet of things.

Dengan kecerdasan buatan (AI), Bosch membawa produksi ke level berikutnya. Di pabrik Dresden, di masa depan Bosch akan mengandalkan solusi yang disediakan oleh Bosch Center for Artificial Intelligence.

Pada tahap awal, sistem berbasis AI yang dapat mendeteksi anomali dan malfungsi dalam proses manufaktur, membuat kurva pembelajaran lebih cepat, dan terus-menerus meningkatkan kualitas. AI juga digunakan dalam penjadwalan produksi, yang menghemat waktu dan uang karena memandu chip melalui 700 langkah proses di sekitar 100 mesin.

Di pabrik itu Bosch mengumpulkan dan memeriksa data secara permanen, data ini setara dengan 500 halaman teks per detik, atau 42 juta halaman per hari. Di pabrik chip-nya di Reutlingen dan Dresden saja, Bosch telah menginvestasikan lebih dari 2,5 miliar euro sejak teknologi 200 milimeter itu diperkenalkan.

Selain itu, miliaran euro telah diinvestasikan untuk mengembangkan mikroelektronika. Permintaan semikonduktor otomotif meningkat. Baru-baru ini pada tahun 1998, nilai mikroelektronika di dalam mobil baru hanya 120 euro.

2023 diperkirakan akan melebihi 600 euro.Pada tahun 2016, setiap kendaraan baru di seluruh dunia rata-rata memiliki sekitar sembilan chip Bosch, dan 2019 jumlahnya sudah lebih dari 17. Dengan kata lain, jumlah mereka meningkat dua kali lipat hanya dalam beberapa tahun.

sumber : https://www.republika.co.id/berita/qudrxc463/bosch-mulai-produksi-emchipem-di-pabrik-dresden-jerman

Posting Komentar

0 Komentar