Membuat Air di Gurun, Dari Sinar Matahari dan Udara

 


SuaraRiau.co -DUBAI-Mineralisasi sungai, desalinasi lautan, pengeboran ke dalam tanah. Ada banyak cara berbeda untuk mengakses air minum di tempat-tempat yang persediaannya terbatas. Tetapi dengan kelebihan populasi, perubahan iklim dan meningkatnya kelangkaan air, para inovator telah mencari solusi baru, dan beberapa yakin jawabannya ada di udara.


SOURCE Global adalah salah satu dari banyak perusahaan di seluruh dunia yang mengambil air dari udara, dengan harapan dapat membantu masyarakat yang kekurangan air. Namun, teknologinya memiliki putaran yang berkelanjutan. Dinamakan Hydropanels, perangkatnya ditenagai oleh panel surya built-in.
"Anda dapat memanen air dari udara menggunakan solar dan tidak ada yang lain, tidak perlu listrik, tidak perlu (a) jaringan, tidak perlu infrastruktur , ini sangat mandiri," jelas Vahid Fotuhi, wakil perusahaan presiden untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika.


Bertenaga Surya


Generator air atmosfer (AWG), seperti SOURCE, adalah mesin yang menghasilkan air minum dari udara sekitar. Perangkat ini telah ada selama sekitar satu dekade dan secara tradisional mereka didasarkan pada kondensasi mendinginkan uap air untuk mengumpulkan tetesan air.
Proses ini, bagaimanapun, dapat mengkonsumsi banyak listrik dan banyak dari teknologi awal ini hanya bekerja di tempat dengan kelembaban udara yang tinggi. Kendala inilah yang mendorong SOURCE, yang sebelumnya dikenal sebagai Zero Mass Water, untuk mengembangkan solusi yang lebih fleksibel dan berkelanjutan.
Panel suryanya menggerakkan kipas yang menarik udara. Di dalam perangkat, udara bergerak melalui bahan seperti spons yang menjebak uap air. Saat dikumpulkan, magnesium dan kalsium ditambahkan ke air untuk meningkatkan rasanya dan memberikan manfaat kesehatan yang mungkin. Artinya, air minum mineral dapat dihasilkan dari udara dengan energi terbarukan dan zero waste.


Di Dubai, di mana tambak air terbesar perusahaan itu berada, ia memproduksi 1,5 juta liter air setiap tahun. SOURCE berencana untuk membuat merek air minum kemasan bebas plastik dan menjualnya ke hotel dan resor, dengan harga yang hampir sama dengan merek air minum dalam kemasan lainnya.
Sumber air nonkonvensional lainnya adalah air limbah yang diolah. Air limbah biasanya didaur ulang di pabrik pengolahan, seperti ini di Yordania, untuk digunakan dalam irigasi.


Pengolahan air limbah Sumber air non-konvensional lainnya adalah air limbah yang diolah. Air limbah biasanya didaur ulang di pabrik pengolahan, seperti ini di Yordania, untuk digunakan dalam irigasi.
Proses fisik, kimia dan biologi digunakan untuk menghilangkan kontaminan dari air limbah.
Pengolahan air limbah, Proses fisik, kimia dan biologi digunakan untuk menghilangkan kontaminan dari air limbah.

Memerangi Kelangkaan Air?


Menurut Keith Hays, wakil presiden Bluefield Research, sebuah perusahaan penasihat yang menangani tantangan air, desain SOURCE berbeda dari AWG lain karena menggabungkan pasokan listrik berbasis surya dan mekanisme penangkapan air dalam struktur yang sama, memungkinkan operasi off-grid. "Sistem lain biasanya memiliki panel terpisah atau terhubung ke grid," jelasnya.
Lebih dari 2 miliar orang tinggal di negara-negara yang mengalami tekanan air yang tinggi dan sementara lusinan perusahaan yang mengerjakan AWG berharap perangkat mereka akan membantu menyelesaikan krisis ini, itu tidak mungkin, menurut Hays.
Biaya di muka yang tinggi berarti dibutuhkan sekitar 10 tahun bagi AWG untuk menjadi kompetitif dari segi biaya, katanya dan mereka umumnya menghasilkan sebagian kecil dari air yang dapat disuplai oleh sumur atau sistem desalinasi air laut.


Plus, kata Hays, AWG membutuhkan lahan yang signifikan, dan jaringan distribusi yang tidak ada di mana-mana seperti solusi air lainnya. Dia percaya AWG lebih efisien bila dikombinasikan dengan pasokan air lainnya. "Mereka dapat dilihat sebagai pelengkap sistem air minum yang ada, mengurangi jejak plastik dan menawarkan dukungan tambahan," katanya.


Tantangan ini adalah sesuatu yang Fotuhi akui, menjelaskan bahwa Hydropanel membutuhkan keran atau fasilitas pembotolan berada di dekatnya, dan tidak setiap situasi memungkinkan itu. Tapi dia yakin mereka menawarkan manfaat lingkungan yang jelas.
"Melihat penghematan dari perspektif lingkungan dan dari sudut pandang keberlanjutan, proposisi nilai tetap sangat kuat," kata Fotuhi.****

Editor: SR18


sumber : https://suarariau.co/baca/berita/2021-06-30-membuat-air-di-gurun-dari-sinar-matahari-dan-udara

Posting Komentar

0 Komentar