PLTMH Lembah Sempaga Dioperasikan

 


PT. PLN NTB terus berkomitmen terhadap pencapaian target bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen di tahun 2025, salah satunya dengan kembali mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Lembah Sempage yang berlokasi di di desa Lembah Sempaga, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

“Ini merupakan wujud nyata dari satu pilar transformasi PLN, Green, yaitu komitmen PLN untuk terus menghadirkan energi bersih, khususnya di NTB”, ujar Lasiran, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB.


PLTMH Lembah Sempaga ini berkapasitas 900 kW dari total potensi 1300 kW yang akan segera dikembangkan ke depan. PLTMH ini memanfaatkan Sungai Kumbi, Narmada, salah satu sungai yang mempunyai potensi debit yang cukup melimpah dengan kondisi topografi yang potensial bagi pembangunan PLTMH di Pulau Lombok.

“Saat ini, total ada 4 PLTMH yang dioperasikan di Narmada, Lombok Barat. PLTMH Lembah Sempaga ini adalah yang keempat setelah PLTMH Sesaot, PLTMH Narmada dan PLTMH Batu Bedil”, jelas Lasiran.

Total kapasitas yang dibangkitkan dari empat PLTMH tersebut adalah 2,95 MW atau setara dengan 3.277 pelanggan daya 900 VA.

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Provinsi NTB, M. Husni, mengapresiasi kontribusi PLN dalam pengembangan EBT, khususnya di NTB.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi NTB menyampaikan terima kasih kepada GM PLN UIW NTB beserta seluruh jajarannya yang terus berupaya mewujudkan peningkatan kontribusi sumber energi terbarukan. Upaya ini menjadi sangat luar biasa karena dilaksanakan dalam masa Pandemi Covid-19, namun jajaran PLN UIW NTB terus bekerja, bekerja dan bekerja dengan “semangat terbarukan”, tutur Husni.

Selain itu, Husni juga berharap bahwa ke depan akan ada pembangkit listrik energi terbarukan dengan kapasitas yang lebih besar di Provinsi NTB. ‘’Pemerintah Provinsi NTB akan terus mendukung upaya-upaya yang dilaksanakan oleh PLN UIW NTB untuk mewujudkan NTB Gemilang”, tegas Husni.

Di NTB sendiri, saat ini bauran EBT yang telah dimanfaatkan oleh PLN telah mencapai 5.72 persen yang bersumber dari tenaga surya dan juga air. Tak hanya itu, PLN NTB juga telah memiliki program green booster, yaitu Co-Firing atau pemanfaatan biomassa seperti sampah, sekam dan serbuk kayu sebagai pengganti batu bara di PLTU Jeranjang.

sumber : https://www.suarantb.com/pltmh-lembah-sempaga-dioperasikan/

Posting Komentar

0 Komentar