Program Smart City Berlanjut, Bupati Minta “Tol” Desa Ke Kota Bisa Terwujud

 



WONOSOBOZONE.COM – Program Wonosobo Smart City, atau Kota Pintar Wonosobo masih berlanjut dengan pergerakan atau progress yang menggembirakan. Sejumlah program unggulan yang selama 3 tahun terakhir terus dikembangkan pun memperlihatkan hasil sesuai dengan target yang ditetapkan.

Melihat kemajuan program yang mulai digulirkan pada 2018 tersebut, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat meyakini akan lebih banyak lagi inovasi yang akan tercipta di masa-masa mendatang. Kedepan, ia bahkan berharap tidak hanya Smart City saja yang berkembang, melainkan sampai pada program Smart Village, atau desa Pintar di seluruh Kabupaten.

“Harus ada terobosan untuk membantu desa-desa di Wonosobo agar juga merasakan sentuhan teknologi, semakin berkembang dan dikenal luas, salah satunya saya harapkan agar bisa terwujud jalur Tol antara Desa dengan Kota,” tutur Bupati dalam sambutan penerimaan tinjauan lapangan Smart City Wonosobo, yang digelar secara Daring di ruang Mangunkusumo Setda, Rabu (2/6/2021).

Jalur tol, diterangkan Afif bukan dalam arti jalan tol yang menghubungkan antara Desa dengan Kota Wonosobo, melainkan terpenuhinya jaringan data sehingga di setiap desa warga masyarakatnya dapat mengakses internet sebagaimana yang dirasakan warga di Kota.

Dengan terlayaninya jaringan internet di setiap desa, maka produk-produk khas yang berpotensi menjadi unggulan daerah pun lebih mudah untuk diperkenalkan kepada publik di pasar global, dan memunculkan dampak terangkatnya perekonomian dan kesejahteraan warga.Demi mewujudkan hal tersebut, Afif meminta seluruh komponen bersinergi secara kolaboratif dan saling mendukung.

“Selaras dengan tujuan dari program smart City ini, yaitu untuk dapat mendorong setiap daerah menciptakan inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan dan memudahkan warga masyarakatnya dalam beraktifitas maka semestinya kita semua bersinergi,” tegas Bupati.

Arahan Bupati tersebut, diakui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Eko Suryantoro sejalan dengan upaya pihaknya untuk terus mendorong seluruh elemen yang terlibat dalam program Quick Win Smart City Wonosobo. Menurut Eko, saat ini setidaknya ada 6 program unggulan atau Quick Win yang telah berjalan dengan baik, yaitu Smart Government dengan Open Data Desa yang dipimpin Dinas Sosial PMD, kemudian Smart Living dengan program unggulan SIGANDAR (Sistem Informasi Kegawat Daruratan) yang diinisiasi Dinas Kesehatan, dan Smart Economy yang memunculkan inovasi kemudahan akses terhadap harga komoditas bahan pokok masyarakat.

“Ada pula Smart Branding dengan jelajah Wonosobo yang memudahkan wisatawan mengakses objek-objek wisata, serta Smart Environment untuk mendorong setiap desa mengelola sampah secara mandiri sehingga tidak perlu membuang sampah ke TPA Kabupaten, dan Smart Society dengan program menangkal Hoax dan Fitnah melalui kerjasama dengan MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia),” terang Eko.

Adanya evaluasi dan penilaian lapangan secara Virtual dari Kementerian Kominfo yang akan digelar selama 2 hari, diakui Eko akan menjadi media untuk pengembangan lebih lanjut seluruh program unggulan Smart City Wonosobo agar kedepan menjadi jauh lebih baik lagi. (why)

sumber : https://wonosobozone.com/2021/06/02/program-smart-city-berlanjut-bupati-minta-tol-desa-ke-kota-bisa-terwujud/

Posting Komentar

0 Komentar