Qlue Raih Pendanaan Seri B1 untuk Perkuat Ekspansi Bisnis di Pasar Global

 


INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan penyedia ekosistem smart city, Qlue meraih Seri B putaran pertama yang dipimpin oleh investor asal Jepang, Global Brain, melalui kelompok investasinya KDDI Open Innovation Fund III (KOIF III). Pendanaan Seri B1 ini juga didukung oleh investor lainnya yaitu ASLI RI dan juga Telkomsel Mitra Inovasi.

Founder dan CEO Qlue Rama Raditya mengatakan, keberhasilan Qlue menutup pendanaan Seri B putaran pertama ini menunjukan potensi bisnis smart city yang sangat prospektif.

Dengan masuknya pendanaan kali ini, skalabilitas dari Qlue juga akan semakin tinggi untuk memberikan solusi-solusi smart city yang bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam memasuki era industri 4.0 di Indonesia.

“Kami sangat antusias dengan pendanaan dari KDDI yang merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Jepang. Sinergi ini terjalin karena Qlue dan KDDI memiliki visi yang sama dalam mengakselerasi pembangunan kota berbasis teknologi smart city. Dengan dukungan KDDI yang memiliki jaringan bisnis secara global ini akan mendorong penetrasi pasar Qlue di luar negeri,” ujar Rama yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (10/6/2021).

Dalam mempenetrasi pasar global, Qlue akan menggarap pasar Asia secara agresif sebagai basis utama pengembangan solusi smart city, dengan menjadikan Jepang, Malaysia, dan Filipina sebagai fokus utama.

Untuk pasar dalam negeri, peningkatan skalabilitas ini juga bisa mendorong perluasan industri ke sejumlah sektor, seperti jasa kesehatan, pengelola kawasan industri, perhotelan, pengembang properti, BUMN, hingga berbagai sektor lainnya.

Selain rencana tersebut, investasi yang dipimpin oleh Global Brain ini juga akan dimanfaatkan Qlue untuk menyempurnakan ragam solusi berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) yang sudah ada, tentunya diiringi dengan berbagai penelitian untuk solusi baru yang sedang disiapkan. Hal ini dilakukan untuk memperkuat posisi Qlue sebagai penyedia ekosistem smart city terlengkap di Indonesia.

Director Indonesia Office Representative Global Brain Sho Ikeda mengatakan, Global Brain melalui KOIF III bangga bisa menjalin kemitraan dengan Qlue melalui skema pendanaan Seri B1 ini. Investasi ini dilakukan karena Qlue memiliki solusi smart city berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) dan Internet of Things (IoT) yang komprehensif dalam memitigasi persoalan masyarakat urban.

“Global Brain memutuskan untuk berinvestasi di Qlue karena potensinya yang komprehensif terkait kota pintar, memiliki hasrat yang kuat untuk tujuan ambisius, dan produk berbasis teknologi yang luar biasa. Global Brain akan secara proaktif memanfaatkan sumber dayanya untuk mendukung Qlue dalam meningkatkan produknya lebih jauh dan berkontribusi pada pengembangan smart city di Indonesia dan Asia Tenggara,” kata Ikeda.

Pada 2020 lalu, Qlue sukses mencatatkan pertumbuhan bisnis sebesar 70% dibandingkan tahun sebelumnya. Keberhasilan itu diraih berkat strategi Qlue yang agresif mengekspansi bisnisnya di lebih dari 58 kota dan luar negeri dengan total klien mencapai lebih dari 133 selama 2020.

sumber : https://www.industry.co.id/read/86988/qlue-raih-pendanaan-seri-b1-untuk-perkuat-ekspansi-bisnis-di-pasar-global

Posting Komentar

0 Komentar