Smart City Minahasa Dimatangkan, Agustivo Tumundo Sambangi BPPT RI

 


Jakarta, BeritaManado.com – Dalam rangka mematangkan pelaksanaan program Smart City di Kabupaten Minahasa, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi melakukan kunjungan kerja ke Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi BPPT RI, Jumat (18/6/2021), bertempat di Gedung BJ Habibie, jalan M H Thamrin, Jakarta.

Kunjungan Kadis Kominfo Agustivo Tumundo diterima langsung oleh Auditor Teknologi Utama BPPT Andrari Grahitandaru MSc, dan keduanya melakukan dialog dan pembicaraan di Ruang Rapat Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material, BPPT RI.

Kepada Kadis Kominfo Agustivo Tumundo, Andrari Grahitandaru yang juga Tenaga Ahli dan Pembimbing Teknis Program Smart City tahun 2021 untuk Kabupaten Minahasa ini, memberikan arahan dalam rangka mematangkan semua persiapan pelaksanaan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Program Smart City di Kabupaten Minahasa, yang akan untuk tahap 1 akan digelar pada akhir Juni 2021 mendatang.

Andrari mengharapkan agar pihak Pemkab Minahasa, khususnya Dinas Kominfo dapat mempersiapkan pelaksanaan Bimbingan Teknis tersebut.

“Ada 4 tahap Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City yang dilaksanakan, dan untuk Kabupaten Minahasa sesui jadwal yang telah ditetapkan Bimtek tahap 1 akan digelar pada tanggal 28 s/d 29 Juni mendatang,” kata Andrari, yang juga Perekayasa Ahli Utama TIK pada Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi PTIK BPPT.

Dikatakan Andrari bahwa semua Tenaga Ahli selaku Pembimbing Teknis dalam Bimtek ini akan diutus dan difasilitasi oleh Kementerian Kominfo RI.



Sedangkan pihak Pemkab Minahasa diharapkan dapat menyiapkan tempat dan peserta Bimtek yang nantinya terdiri dari para Pejabat Pemkab selaku Dewan Smart City Kabupaten Minahasa, dan para Pejabat Pemkab dan pejabat lain dalam tupoksi perencanaan di tiap OPD selaku Tim Pelaksana Smart City, yang semuanya tertata dalam Surat Keputusan Bupati Minahasa.

Adapun para Tenaga Ahli selaku Pembimbing yang ditugaskan oleh Kementerian Kominfo di Kabupaten Minahasa, disamping Andrari dan Irwan Prasetyo sebagai Tenaga Ahli, juga Luthfy Aziz Lubis dan M Tonny Hanif sebagai Asisten Tenaga Ahli, serta Ade Frihadi SKom, MT selaku Koordinator Insfrastruktur dan Teknologi Interoperabilitas Pemerintahan.



Sementara Kadis Kominfo Agustivo Tumundo mengatakan bahwa dengan dukungan sepenuhnya Bupati Minahasa, Wakil Bupati, Sekdakab dan Bapelitbangda Kabupaten Minahasa, pihaknya telah siap untuk menggelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City 2021 ini.

“Semua yang diperlukan dalam persiapan Bimtek Masterplan Smart City ini, termasuk Surat Keputusan Bupati Minahasa dan berkas administrasi lainnya sudah kami siapkan,” ujar mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Minahasa ini.

Adapun pelaksanaan Program Smart City 2021 di Kabupaten Minahasa merupakan tindaklanjut atas ditanda-tanganinya Nota Kesepahaman antara Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dengan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, yang disaksikan oleh Menteri Kominfo RI Johnny G Plate pada tanggal 20 Mei 2021 lalu.

Kabupaten Minahasa masuk dalam 48 Kabupaten Kota di kawasan Pariwisata Prioritas Nasional dan Kawasan Ibu Kota Negara Baru yang dipilih dan diterapkan oleh Kementerian Kominfo RI untuk diinisiasi menjadi Kota Cerdas atau Smart City dan dikembangkan dalam sektor Pemerintahan Digital di Indonesia.

sumber : https://beritamanado.com/smart-city-minahasa-dimatangkan-agustivo-tumundo-sambangi-bppt-ri/

Posting Komentar

0 Komentar