Wujudkan Kendal Smart City, Bupati MoU dengan Perguruan Tinggi

 


KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Sebagai langkah mewujudkan Kendal menjadi smart city dan Kendal sebagai pusat industri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menjalin kerja sama dengan semua kalangan. Salah satunya dengan akademisi perguruan tinggi yang ada di Jawa Tengah.

Menurut Bupati Kendal Dico M Ganinduto, penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan perguruan tinggi sebagai wujud penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Kendal.

Selain itu, kerjasama tersebut bertujuan untuk mempersiapkan SDM 4.0 dan infrastruktur untuk mendukung pengembangan industri serta pariwisata di Kabupaten Kendal.

“Menuju Kendal Smart City, kemajuan revolusi industri 4.0 harus dibangun," ujarnya. Dengan adanya kemitraan bersama perguruan tinggi tersebut, bupati berharap Kabupaten Kendal akan menjadi laboratorium inovasi dan menjadi lokus penelitian dari perguruan tinggi.

Salah satu yang menjadi fokus dalam kerja sama tersebut adalah pengembangan pusat aeromodelling atau drone di Desa Sumbersari, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal.

“Menggandeng Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, nantinya Desa Sumbersari akan menjadi desa wisata aeromodelling atau dronepolis di Kabupaten Kendal. Konsep dronepolis akan menjadi konsep Pengembangan Kawasan Laboratorium Industri Drone pertama di Jawa Tengah,” tutur Bupati Dico.

Ia juga mengungkapkan, saat ini sudah ada rintisan laboratorium pengembangan drone yang sudah didukung dengan adanya run away serta perakitan pesawat Aeromodelling di Pondok Pesantren Al Ma’wa di Desa Sumbersari, Kecamatan Ngampel.

Selain kerjasama di bidang teknologi drone, Bupati Dico juga melakukan kerja sama pengembangan laboratorium sosial dalam mengembangkan desa wisata di Kabupaten Kendal.

Nantinya, desa-desa potensial di Kabupaten Kendal akan mendapatkan pendampingan melaui lokakarya UMKM, penelitian, dan penerapan teknologi.

Adapun perguruan tinggi lain yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kendal, diantaranya yaitu Unisbank, Stiepari, dan Unaki.

Tidak hanya dengan kalangan perguruan tinggi, Bupati Dico M Ganinduto juga melakukan penandatanganan MoU dengan perusahaan perekaman data kesehatan PT Administrasi Medika untuk mewujudkan digitalisasi esehatan 4.0 di Kabupaten Kendal .

Kerja sama tersebut sebagai upaya mewujudkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kendal yang efektif dan efisien.

Dengan adanya kerja sama tersebut, nantinya rekam jejak medis yang terdigitalisasi akan terfasilitasi di seluruh fasilitas kesehatan se-Kabupaten Kendal dan menjadi solusi kemudahan stakeholder dalam pengambilan keputusan.

Bupati Dico mengatakan, MoU dengan PT Administrasi Medika diharapkan akan memudahkan pengambilan keputusan terkait kesehatan.

“MoU dengan PT Administrasi Medika yang diharapkan dapat menghubungkan semua data di seluruh rumah sakit dan puskesmas, sehingga kita bisa menganalisis dan segera mengambil keputusan terbaik dalam penindakan,“ jelasnya.

Data kesehatan di Kabupaten Kendal nantinya akan terpusat dan terintegrasi dengan Command Center yang dapat terpantau secara realtime melalui Electronic Health Record (EHR).

Menurut Bupati Dico, adanya EHR juga akan memudahkan para tenaga medis dalam mengetahui rekam jejak medis pasien, sekaligus memberikan kemudahan untuk mendiagnosa dan mengambil tindakan dalam pengobatan.

“Terintegrasinya data juga akan memudahkan pemantauan kondisi kesehatan 1 juta penduduk di Kabupaten Kendal. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Kendal sangat concern terhadap penanganan Covid-19 dan stunting. Data dan informasi yang terintegrasi akan memudahkan pengambilan keputusan kedepannya,” pungkasnya.

sumber : https://www.ayosemarang.com/read/2021/06/13/78992/wujudkan-kendal-smart-city-bupati-mou-dengan-perguruan-tinggi

Posting Komentar

0 Komentar