BRI Cabang Palu Dukung Smart City Lewat Layanan Transaksi Digital QRIS

 

BRI Cabang Palu Dukung Smart City Lewat Layanan Transaksi Digital QRIS

PALU - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk Cabang Palu menggenjot percepatan dan perluasan digitalisasi sistem keuangan di wilayah kerjanya.

Baru-baru ini, BRI Cabang Palu mulai mengimplementasikan QRIS kepada ratusan pedagang di kawasan Hutan Kota Jl Jabal Nur, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Di tengah pandemi Covid-19, pedagang maupun konsumen dapat bertransaksi tanpa harus melakukan kontak fisik secara langsung.

Selain mengurangi risiko penularan Covid-19, layanan QRIS ini sebagai komitmen BRI Cabang Palu mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan Kota Palu sebagai kawasan smart city.

"Keinginan kami QRIS dapat digunakan secara massal. Karena layanan ini membuat proses transaksi menjadi lebih praktis. Hal ini juga sejalan dengan keinginan Walikota menjadikan Kota Palu sebagai smart city," jelas Kepala BRI Cabang Palu Rits Jacob De Fretes, Selasa (27/7/2021).

QRIS merupakan penyatuan berbagai macam QR Code dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

QRIS adalah upaya standardisasi Bank Indonesia untuk perusahaan yang memanfaatkan teknologi finansial seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja dan lainnya.

Ketika ingin membeli sesuatu, pengguna cukup scan QR Code yang tersedia dan transaksi bisa diproses dengan cepat.

Rits menuturkan, Hutan Kota menjadi salah satu kawasan yang memiliki daya tarik bagi masyarakat.

Namun karena pembatasan mobilitas akibat pandemi, aktivitas jual beli dan perputaran uang di lokasi itu lambat laun mengalami penurunan.

Sehingga hal ini turut berdampak pada omset para pedagang di kawasan Hutan Kota.

Ia pun berharap dengan layanan QRIS dapat menggiatkan kembali perekonomian masyarakat, terutama para pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19.

"Sebagian besar market place kami adalah UMKM, seperti pedagang di Hutan Kota. Maka kami wajib menjaga usaha mereka agar tetap bertahan," kata Rits.

"Ke depan kami juga akan menyasar ke segmen-segmen usaha lainnya. Penggunaan teknologi ini tidak hanya terbatas pada usaha atau profesi tertentu saja. Pada prinsipnya, semua aktivitas transaksi keuangan bisa menggunakan QRIS," ucapnya.



Posting Komentar

0 Komentar