ICT Berperan Penting Dorong Kemajuan Pariwisata

 


Jakarta, Beritasatu.com – Direktur Utama Lintasarta Arya Damar mengungkapkan, information communication technology (ICT) memiliki peran yang penting dalam kemajuan pariwisata di Indonesia. Menurutnya, pembangunan infrastruktur ICT saat ini sudah menjadi keharusan hingga menjangkau daerah 3T (terdepan, terpencil, tertinggal), sehingga pembangunan daerah bisa dilakukan melalui smart city maupun smart tourism.

Selain itu, digitalisasi juga menjadi bagian penting untuk mendorong ekonomi daerah melalui smart city. Antara lain melalui implementasi QRIS untuk contactless payment, e-UMKM, e-tourism, dan e-farmer.

“Kalau kita bayangkan saat ini misalnya menonton film di Youtube, itu kan ada aplikasinya dan letak film-film itu ada di satu server besar yang disebut cloud. Kita juga perlu membangun aplikasi-aplikasi ini sehingga bisa digunakan oleh masyarakat dan pemerintah. Bagimana ini? Diletakkan di mana? Sekarang Kominfo sudah sedemikian majunya, menyediakan cloud untuk pemerintah, mereka punya virtual private server (VPS) Kominfo untuk melayani aplikasi-aplikasi yang terpusat, baik di kota atau kabupaten,” ungkap Arya Damar dalam acara Investor Daily Summit sesi diskusi "Memacu Pariwisata, Membangun Ekonomi Daerah", Kamis (15/7/2021).

Lintasarta sendiri sebagai perusahaan ICT dalam negeri juga menyediakan cloud bagi para pengguna untuk bisa mengenerate aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk kemudahan tourism, misalnya aplikasi hotel digital check in, contactless payment dan lainnya.

“Aplikasi-aplikasi ini yang berjalan di dalam infrastruktur ICT yang ada sekarang, dan ini yang kita dorong kepada seluruh daerah supaya membangun ini, istilahnya membangun smart city, smart tourism, supaya turis-turis datang ke Indonesia,” kata Arya.



Sumber: BeritaSatu.com

sumber : https://www.beritasatu.com/ekonomi/800789/ict-berperan-penting-dorong-kemajuan-pariwisata

Posting Komentar

0 Komentar