Indonesia Maju Tetap Menjadi Tujuan Meskipun Pandemi Menghadang

 


(Beritadaerah-Kolom) Tantangan Indonesia menuju Indonesia Maju 2030 demikian banyak, saat ini pandemi Covid 19 membuat Presiden Joko Widodo resmi mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk membatasi kegiatan masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas. Namun kita percaya bahwa banyak hal tetap perlu dipersiapkan agar Indonesia dapat segera melesat menuju negara dengan ekonomi terbesar ke tujuh di tahun 2030 melebihi negara-negara Eropa. Menjadi sebuah tujuan yang dapat dicapai mengingat potensi Indonesia yang besar. Berikut adalah gagasan-gagasan yang bisa menjadi dasar untuk mempersiapkan Indonesia Maju.

Dorong teknologi digital untuk mendorong pertanian

Pertanian di Indonesia sangat penting bagi perekonomian dan kesejahteraan negara. Sektor ini menyumbang sekitar 13 persen dari PDB Indonesia dan hampir sepertiga dari jumlah pekerjaan. Tetapi meskipun demikian Indonesia menempati urutan keempat secara global dalam hal produksi pertanian, namun berada pada urutan ke-12 dalam hal ekspor pertanian.


Sumber : UN Comtrade

Tantangan tersebut mempengaruhi petani dan konsumen. Berdasarkan data terbaru yang ada, rata-rata pendapatan petani hampir seperempat dari keseluruhan PDB per kapita Indonesia dan sekitar setengahnya terlihat di Vietnam. Biaya produksi untuk bahan pokok seperti beras dan jagung 25 sampai 50 persen lebih tinggi daripada di banyak negara tetangga di Asia Tenggara. Sementara itu, harga eceran beras hampir 20 persen lebih tinggi daripada di Vietnam, meskipun lebih rendah daripada di banyak negara Asia Tenggara lainnya.

Pandemi COVID-19 juga berdampak pada industri pertanian. Survei McKinsey tahun 2020 terhadap petani Indonesia menemukan bahwa 75 persen responden mengharapkan setidaknya penurunan 5 persen pendapatan untuk tahun ini, termasuk 35 persen yang takut akan penurunan 25 persen atau lebih. Harga yang lebih rendah untuk hasil panen mereka, kesulitan dalam mencari pembeli, dan kenaikan harga untuk bahan-bahan pertanian adalah kekhawatiran yang paling umum dikutip.

Dalam menemukan jalan ke depan, teknologi modern akan memainkan peran penting. Untungnya, seperti di industri lain, pandemi telah membantu mempercepat adopsi teknologi digital ketika bisnis dan individu mengejar urusan mereka sambil menghindari kontak orang ke orang. Ini juga telah memupuk pemahaman yang lebih besar tentang perlunya ketahanan pangan dan rantai pasokan makanan yang kuat.

Diperkirakan bahwa dengan mempercepat adopsi teknologi pertanian modern akan dapat dihasilkan hingga 6,6 miliar dolar Amerika per tahun dalam output ekonomi, sebagai tambahan dari peningkatan hasil pertanian dan pengurangan terhadap biaya. Misalnya, tempat pengumpulan yang dapat secara otomatis menimbang dan memeriksa pengiriman yang masuk dan sistem irigasi canggih dapat meminimalkan pemborosan. Selain itu, penandaan identifikasi frekuensi radio (RFID) dapat melacak pengiriman panen keluar, mengurangi pembusukan dan limbah lainnya.

Namun meski petani Indonesia semakin akrab dengan teknologi digital, sangat sedikit yang menggunakannya untuk meningkatkan hasil atau pendapatan mereka. Survei Mckinsey menunjukkan bahwa 85 hingga 90 persen petani memiliki akses yang baik ke internet dan menggunakan saluran pesan populer WhatsApp, tetapi hanya 2 persen yang online untuk membeli atau menjual barang dan hanya sekitar 30 persen yang mau mempertimbangkan hal ini. Membawa lebih banyak petani ke sistem perdagangan e-commerce merupakan peluang yang signifikan bagi Indonesia.

Sektor pertanian Indonesia juga akan mendapat manfaat dari pembuatan neraca pangan digital, yang menyajikan gambaran komprehensif tentang rantai pasokan pangan suatu negara. Kenya telah menggunakan pendekatan ini untuk menciptakan transparansi yang lebih besar pada penggunaan saat ini dan meningkatkan perkiraan penawaran dan permintaan. Neraca untuk jagung, misalnya, menyatukan produksi, perdagangan, konsumsi, dan keseimbangan stok.

Peran serta generasi muda diperlukan untuk melakukan perubahan ini. Beberapa startup juga telah banyak yang menjadi jembatan untuk penggunaan teknologi digital ini, terutama adalah bagaimana mempertemukan petani langsung dengan pembeli, yang membuat pengurangan terhadap middle man. Penggunaan teknologi digital sudah juga dimulai oleh pengusaha yang menggunakan aplikasi untuk memonitor penggunaan pupuk, air, dan variable lain yang diperlukan.

Indonesia adalah negara yang mengenal pertanian sudah ratusan tahun yang lalu, pengalaman ini adalah kekayaan yang luar biasa. Banyak hal yang secara digital tidak terlihat, tidak dapat dihitung, tidak dapat di monitor namun dapat menjadi keunggulan karena kemampuan petani yang tinggi. Kombinasi antara kemampuan ini dan penggunaan teknolgi digital akan memampukan pertanian menjadi sektor yang paling produktif di Indonesia dan juga dibandingkan negara-negara dunia.

Percepat adopsi Industri 4.0

Adopsi yang lebih cepat dari serangkaian teknologi yang dikenal sebagai Industri 4.0, atau Revolusi Industri Keempat, dapat secara drastis meningkatkan produktivitas di sektor industri Indonesia, termasuk manufaktur, listrik, pertambangan, minyak dan gas, dan pertanian. Teknologi ini memanfaatkan peningkatan dalam pengumpulan data, daya komputasi, dan konektivitas dan mencakup Internet of things (IoT), analitik canggih, robotika, dan otomatisasi, serta teknik rekayasa canggih seperti pencetakan 3-D. Di Indonesia, gabungan teknologi ini berpotensi mendorong peningkatan produktivitas sebesar 40 hingga 70 persen untuk masing-masing perusahaan, menambah 20 juta pekerjaan bersih pada tahun 2030 dan menciptakan tambahan 120 miliar dolar Amerika dalam output ekonomi tahunan.

Namun, sementara pabrikan Indonesia menyadari teknologi ini, hanya sedikit yang memulai transformasi digital, meninggalkan potensi besar yang belum tersentuh. Ada pengecualian. Pada tahun 2020, Forum Ekonomi Dunia telah mengidentifikasi 69 “mercusuar” global, produsen yang berhasil bertransformasi ke teknologi baru, dan dua di antaranya berada di Indonesia: Petrosea dan Schneider Electric.

Sebuah studi McKinsey terpisah pada tahun 2019 menunjukkan bahwa hanya 21 persen produsen Indonesia yang menerapkan teknologi Industri 4.0 dalam skala besar, dibandingkan dengan 30 persen di Korea Selatan, 40 persen di Jepang, 50 persen di Singapura. Sebagian besar pabrikan Indonesia yang tersisa terperangkap dalam perangkap percontohan, tidak mampu melampaui eksplorasi awal. Perusahaan-perusahaan Indonesia menghadapi banyak tantangan dalam merancang cetak biru digitalisasi, khususnya mengakses rangkaian solusi teknologi hemat biaya yang tepat, mengintegrasikan sistem data untuk memperluas kasus penggunaan digital yang sukses, menemukan bakat yang dibutuhkan, dan mendorong transformasi digital secara efektif, yang memerlukan koordinasi yang kuat di seluruh operasi. dan fungsi pendukung dan kepemilikan senior yang jelas.

Lokakarya Kementerian Perindustrian 2019 dengan 50 pelaku industri menemukan bahwa lebih dari 90 persen peserta membutuhkan dukungan dalam transformasi Industri 4.0 mereka. Di antara kebutuhan utama mereka yang dilaporkan adalah pusat pameran di mana perusahaan dapat melihat bagaimana teknologi Industri 4.0 diterapkan dan ekosistem di mana para pemain industri dapat mengakses praktik terbaik dan memiliki akses ke penyedia teknis dan layanan.

Pandemi tidak diragukan lagi telah menciptakan lebih banyak tantangan: Lebih dari 85 persen produsen yang disurvei di Asia, misalnya, melaporkan gangguan rantai pasokan dan penurunan produktivitas tenaga kerja sebesar 10 persen atau lebih. Namun, para pemimpin industri yang memiliki teknologi dasar telah mempercepat adopsi Industri 4.0 mereka sebagai cara untuk mengatasi krisis, menciptakan jarak yang lebih jauh antara mereka yang menerapkan teknologi baru dan mereka yang belum dan urgensi yang lebih besar untuk tidak ketinggalan.

Salah satu inisiatif penting untuk mendorong adopsi Industri 4.0 yang lebih besar di negara ini adalah Pusat Kemampuan Digital pemerintah Indonesia, yang dikenal dengan akronim Indonesia PIDI 4.0 ( Pusat Inovasi Digital Industri 4.0). Jaringan pusat ini, dengan hub unggulan di Permata Hijau yang diharapkan akan dibuka tahun ini, dapat berfungsi sebagai toko serba ada untuk membantu perusahaan menerapkan solusi digital. Pusat-pusat tersebut dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada perusahaan dan pekerja mereka dalam teknologi modern dan menunjukkan manfaat dalam lingkungan kehidupan nyata. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan 7.000 perusahaan ke Industri 4.0 melalui lokakarya kesadaran, melatih lebih dari 400.000 pekerja di lebih dari 4.000 perusahaan, dan secara langsung mendukung transformasi digital 2.000 perusahaan. Pusat-pusat tersebut juga akan menjadi tuan rumah ekosistem 100 hingga 200 penyedia teknologi dan layanan dan bekerja untuk mendorong inovasi R&D di Indonesia.

Tambahkan sumber energi terbarukan ke jaringan listrik

Sektor energi Indonesia sedang berjuang bahkan sebelum pandemi global melanda. Produksi minyak dan gas alam telah menurun hingga negara tersebut, yang pernah menjadi anggota OPEC, menjadi pengimpor minyak dan akan segera menjadi pengimpor bersih gas alam. Penurunan permintaan yang dibawa oleh pandemi hanya menambah kesengsaraan sektor ini.

Seiring dengan upaya untuk menciptakan efisiensi dalam industri minyak dan gas bumi dan mendukung pertumbuhannya, Indonesia harus beralih ke sumber daya yang sebagian besar belum dimanfaatkan: energi terbarukan. Secara tradisional, negara ini berfokus pada pembangunan pembangkit listrik dengan biaya terendah, dan sebagai hasilnya, 60 persen generatornya dijalankan oleh batu bara dan 22 persen oleh gas alam. Potensi energi terbarukan negara ini hampir tidak tersentuh.

Diperkirakan Indonesia baru menangkap sekitar 2 persen potensi energi dari sumber energi panas bumi, matahari, angin, hidro, dan biomassa, dan sebagian besar berasal dari bendungan pembangkit listrik tenaga air. Sebelum pandemi melanda, pemerintah telah mengumumkan target ambisius untuk memproduksi 23 persen kebutuhan listrik negara dari sumber daya terbarukan, naik dari 12 persen pada 2019. Target ini tidak boleh diabaikan. Filipina sudah memproduksi 29 persen kebutuhan listriknya dengan energi terbarukan. Memastikan regulasi yang efektif dan efisien serta menawarkan insentif untuk investasi adalah salah satu langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan ini.

Tetapi ketika Indonesia berupaya mengurangi ketergantungannya pada impor energi, sebuah langkah yang sering diabaikan adalah mendorong adopsi kendaraan listrik. Analisis Mckinsey menunjukkan bahwa impor bahan bakar dapat dipotong sebesar 100 juta dolar Amerika per tahun untuk setiap satu juta mobil listrik di jalan negara. Selain itu, pergeseran ini akan memberikan manfaat yang jelas bagi lingkungan.

Di Indonesia, diharapkan kendaraan listrik roda dua akan mendominasi pasar. Pada tahun 2030, kita melihat hanya di bawah empat juta kendaraan roda dua dan tiga listrik di jalan-jalan Indonesia, dibandingkan dengan sekitar 1,6 juta kendaraan roda empat. Upaya harus dilakukan untuk mendorong transisi ini melalui insentif bagi pembeli dan produsen, serta dukungan untuk upaya R&D.

Kedua faktor yang ini baik percepatan Industri 4.0 dan energi terbarukan harus dilakukan oleh Indonesia untuk bisa mengejar pertumbuhan ekonomi yang akan membawa negeri kita menjadi negara maju. Masih banyak faktor lain yang dibutuhkan dengan mengembangkan kreativitas. Dorongan yang lebih besar ke arah pendekatan inovatif juga diperlukan untuk membawa perekonomian Indonesia ke tingkat yang baru. Ketika teknologi modern menyapu semua industri, ekonomi yang tertinggal dalam penerapannya dapat kehilangan peluang. Di Indonesia, penekanan khusus harus diberikan untuk mempercepat penerapan teknologi Industri 4.0, memanfaatkan sumber energi terbarukan.

Hadirkan Teknologi Modern ke Bisnis UMKM

Upaya menggerakkan perekonomian Indonesia harus menjangkau bisnis terkecil, di mana adopsi teknologi modern yang lebih cepat dapat memberikan manfaat yang cukup besar. Di seluruh Indonesia, sekitar 63 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menyumbang sekitar 60 persen dari PDB dan hampir semua lapangan kerja negara, sebesar 97 persen.

Dalam lima tahun terakhir kontribusi sektor usaha UMKM terhadap produk domestik bruto meningkat menjadi 60,34% dari jumlah sebelumnya yaitu 57,84%. Pelaku UMKM dalam mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing dalam menghadapi era industri 4.0 ini harus tanggap menghadapi perubahan yang sangat cepat tidak hanya di perubahan tren pasar namun juga perkembangan teknologi.

Dalam sebuah diskusi dengan Alumni Fakultas Ekonomi Bisnis Univeritas Indonesia, disampaikan tentang peran strategis UMKM di perekonomian Indonesia. Pada tahun 2018 jumlah unit usaha UMKM adalah 64,2 juta unit usaha atau 99,9 persen dari jumlah unit usaha di Indonesia. Usaha besar di Indonesia berjumlah 5.550 unit usaha atau 0,01 persen dari total unit usaha di Indonesia. Dari sisi penyerapan tenaga kerja maka UMKM menyerap 116,98 juta tenaga kerja atau 97 persen dari jumlah pekerja di Indonesia bekerja di UMKM. Usaha besar di Indonesia menyerap 3,62 juta tenaga kerja atau 2,95 persen dari total tenaga kerja di Indonesia. Dari kontribusi kepada PDB maka UMKM menyumbangkan Rp 8.573,9 Triliun atau 61,1 persen, sedangkan usaha besar menyumbangkan 38,9 persen atau Rp 5.464,7 Triliun. Data-data ini menunjukan UMKM memainkan peranan besar untuk mendongkrak ekonomi Indonesia, dan dengan kekuatan pasar dalam negeri, UMKM membuat ekonomi Indonesia tidak banyak terdampak turunnya perdagangan internasional.

Meluasnya pandemi saat ini, sudah barang tentu menghambat aktivitas ekonomi masyarakat sehingga berdampak menurunnya pertumbuhan ekonomi. Terdapat sekitar 72,6% UMKM yang mengalami penurunan kinerja, perlunya pengeluaran modal dan sebagainya.Bisnis penting ini sangat dirugikan oleh pandemi. Sebuah survei oleh Kementerian Dalam Negeri Indonesia menyimpulkan, UMKM kehilangan lebih dari 100 juta dolar Amerika pendapatan karena pandemi, sebagian besar berasal dari daerah di luar Jakarta. Toko pakaian kecil, tukang cukur dan penata rambut, restoran, kafe, bar, dan toko makanan sangat dirugikan. Konsumen tidak lagi pergi ke lokasi bisnis ini karena takut tertular COVID-19.

Disisi lain banyak juga UMKM mengambil langkah yang optimis, yakni melakukan inovasi penambahan saluran pemasaran termasuk melalui media digital dalam rangka mendorong pengembangan bisnis. Pandemi ini menjadi katalisator dalam proses adopsi teknologi di masyarakat bahwa pembatasan aktifitas fisik menjadi suatu kebiasaan baru atau new normal di tengah berbagai kegiatan. Penggunaan teknologi digital menjadi salah satu alternatif yang dapat mengatasi kesulitan dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Digital payment justru membuat transaksi ritel yang berbasis digital mengalami lonjakan yang sangat signifikan untuk itu sangat relevan bagi UMKM untuk menyesuaikan modal bisnis konvensional nya ke arah ini, dengan memanfaatkan platform digital yang ada. Strategi pengembangan UMKM perlu dilakukan secara end-to-end untuk meningkatkan produktivitas. Berbagai langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas, diantaranya adalah penguatan manajemen, peningkatan kualitas barang, dan peningkatan kapasitas.

Untuk menarik UMKM keluar dari masalah mereka, diperlukan upaya yang lebih besar untuk memungkinkan mereka mengadopsi teknologi modern yang dapat meningkatkan efisiensi dan memperluas pasar mereka. Diperkirakan bahwa upaya digitalisasi untuk UMKM dapat menghasilkan sekitar US$ 140 miliar dalam output ekonomi tambahan. Keuntungan UMKM sebagian besar berasal dari penjualan tambahan yang dapat dihasilkan melalui perdagangan online dan peningkatan produktivitas 10 hingga 20 persen yang umum terjadi dengan pengoptimalan operasional.

Sudah ada beberapa perusahaan di Indonesia yang melakukan terobosan. Romlah, sebuah perusahaan makanan ringan Betawi, meningkatkan pendapatan tahunannya dari US$ 850 menjadi US$ 105.000 setelah bekerja sama dengan spesialis e-commerce Tokopedia dan Bukalapak dan layanan pesan-antar makanan GoFood. Penjual lainnya, Om Botak, menjual buku, payung, dan jas hujan dan meningkatkan pendapatan tahunan menjadi US$ 140.000 setelah membuka toko online pada tahun 2011. Rata-rata, ia menerima lebih dari 450 pesanan sehari. Namun perusahaan seperti itu masih jarang di Indonesia. Hanya sekitar 0,1 persen UMKM di Indonesia yang mulai mengadopsi alat digital, dibandingkan dengan standar global 1 hingga 2 persen.

Berbagai langkah dapat dilakukan untuk membantu UMKM Indonesia memanfaatkan teknologi baru dengan lebih cepat. Pemerintah dan penyedia layanan e-commerce, misalnya, dapat bekerja sama untuk memberikan pelatihan teknologi ini bagi pemilik bisnis dan anggota staf mereka. Platform satu atap juga dapat dibuat untuk memudahkan transformasi bisnis ini. Salah satu platform semacam itu di India, misalnya, menawarkan bantuan kepada pemilik bisnis di berbagai bidang termasuk pemasaran lokal yang ditargetkan, wawasan pelanggan, dan pengadaan.

UMKM menuju Industri 4.0 adalah menjadi perusahaan memiliki skill usaha dan kemampuan digital, dari sisi sertifikasi perusahaan. Dari bidang pemasaran adalah memiliki kemampuan pemasaran melalui e-commerce. Untuk sisi financing, UMKM akan dihadapkan pada pilihan pembiayaan melalui peer-to-peer lending, komersial, obligasi, credit scoring, sekuritisasi. Dari segi transaksi pembayaran maka UMKM dapat menggunakan Alat Pembayaran Menggunakan Digital (APMD) dan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK) adalah alat pembayaran yang berupa kartu kredit, kartu Automated Teller Machine (ATM) dan/atau kartu debet.

Untuk UMKM hal ini merupakan tantangan tersendiri karena pola usaha dan pola pikir tradisional, Keterbatasan pengetahuan & akses teknologi, Kendala akses pembiayaan. Mayoritas UMKM (66%) masih beroperasi secara terbatas. Kendala permodalan serta kekhawatiran mengenai prospek usaha ke depan menjadi penyebab. Namun sekaligus menjadi peluang karena Indonesia memiliki dukungan luas dari platform digital, perubahan perilaku konsumen semakin digital, ketersediaan sistem pembayaran digital yang handal. landskap digital dan e-commerce di Indonesia relatif luas dan menunjukkan tren yang terus meningkat. Pada pengelolaan keuangan secara digital, yang banyak menolong UMKM itu ada pada kas bon teknologi, untuk mencatat, mengingatkan kapan bayar hutang, kapan menagih dan banyak UMKM menggunakannya.

Untuk meningkatkan produktivitas UMKM memerlukan kemampuan wirausaha, kepemimpin, kreatifitas dan inovasi. Kreativitas adalah kemampuan atau tindakan untuk membayangkan sesuatu yang orisinal atau tidak biasa. Inovasi adalah implementasi dari sesuatu yang baru. Penemuan adalah kreasi dari sesuatu yang belum pernah dibuat sebelumnya dan diakui sebagai hasil dari beberapa wawasan unik. Kreatifitas diperlukan oleh UMKM untuk melalui pandemi ini, tidak ada yang membuat kita berhenti dengan halangan yang ada, inovasi juga tidak boleh berhenti untuk membawa pertumbuhan UMKM menjadi kompetitif ditengah dunia. Namun kreatifitas dan inovasi tidak akan berkembang kalau tidak dikembangkan secara komersial, melalui kemampuan entrepreneurship yang mengandung resiko keuangan, dimana UMKM harus berani untuk mengambilnya. Banyak UMKM memerlukan dukungan untuk memiliki semangat sebagai wirausaha dan memimpin dengan baik untuk melahirkan UMKM yang menjadi bantalan ekonomi Indonesia.

Langkah-langkah tertentu yang memungkinkan menciptakan manfaat bagi sebagian besar perekonomian, harus menjadi bagian dari setiap upaya untuk membangun pertumbuhan ekonomi. Di Indonesia, memfokuskan program pendidikan dan pelatihan pada kemampuan yang dibutuhkan bisnis saat ini dan masa depan, serta menciptakan rantai pasokan dan jaringan logistik yang kuat akan memberikan nilai yang luar biasa.

Fokuskan program pelatihan pada kebutuhan masa depan

Keterampilan yang dituntut oleh pengusaha berubah dengan cepat sebelum pandemi global melanda. Sebagian besar karena teknologi baru, perusahaan membutuhkan lebih banyak orang di berbagai bidang seperti analitik tingkat lanjut, kecerdasan buatan, dan robotika. Dan ketika otomatisasi menggantikan banyak tugas yang berulang, tugas lain, misalnya, yang berfokus pada pemecahan masalah dan pengetahuan pelanggan, muncul.

Memang, McKinsey telah memperkirakan bahwa Indonesia akan memperoleh empat juta hingga 23 juta pekerjaan bersih pada tahun 2030 dari transisi ke teknologi digital jika dapat menyediakan pekerja dengan keterampilan yang sesuai. Pada saat yang sama, peningkatan produktivitas dan pendapatan akan memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi negara.

Pandemi telah menambahkan putarannya sendiri ke pasar kerja yang terus berubah. Misalnya, peralihan mendadak ke pekerjaan jarak jauh, yang diperkirakan akan bertahan sampai tingkat tertentu setelah pemulihan, telah menyoroti kebutuhan akan kemampuan digital minimum bahkan untuk pekerja yang tidak secara langsung ditugaskan di posisi teknologi. Dan karena krisis kesehatan telah mempercepat adopsi teknologi baru, seperti telemedicine dan e-government, permintaan akan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem ini juga meningkat.


Untuk menggambarkan besarnya tantangan, Bank Dunia memperkirakan pada tahun 2018, bahwa antara tahun 2015 dan 2030 Indonesia akan menghadapi kekurangan sekitar sembilan juta pekerja terampil dan semi terampil di sektor teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, pada tahun 2018, Korn Ferry, sebuah konsultan rekrutmen AS, memproyeksikan bahwa kekurangan pekerja teknologi, media, dan telekomunikasi di Indonesia, akan menyebabkan hampir 22 miliar dolar Amerika, output yang belum direalisasi pada tahun 2030, terbesar kelima dalam hal pangsa PDB dari negara dalam studi global.

Para pemimpin publik dan swasta menyadari tantangan tersebut dan telah memulai upaya untuk mengatasi kekurangan tersebut. Pada tahun 2020, pemerintah mengumumkan rencana untuk National Talent Management, sebuah lembaga pemerintah yang akan mengumpulkan data tentang individu dengan kemampuan yang sangat dibutuhkan. Badan akan membantu merekrut dan mencari beasiswa untuk individu-individu ini dan fokus pada sektor prioritas dalam seni, sains, dan olahraga. Perusahaan seperti Astra Indonesia dan perusahaan rintisan teknologi Gojek telah memperluas program pelatihan untuk fokus pada keterampilan baru yang dibutuhkan untuk eksekutif senior dan insinyur.

Upaya seperti itu, bagaimanapun, hanyalah sebuah permulaan. Untuk menangkap potensi peningkatan produktivitas—dan dengan perluasan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih besar—diperlukan upaya bersama untuk menutup kesenjangan keterampilan yang dihadapi Indonesia. Universitas dan sekolah kejuruan harus bekerja dengan perusahaan untuk memastikan mereka mengajarkan keterampilan yang dibutuhkan ekonomi saat ini dan di masa mendatang, dan inisiatif akan diperlukan untuk melatih kembali pekerja yang digantikan oleh teknologi baru untuk melakukan peran baru dalam ekonomi modern.

Mempromosikan Pariwisata Domestik

Pada 2019, sekitar 16 juta pengunjung asing datang ke Indonesia. Sektor ini menyumbang 20 miliar dalar Amerika dalam pendapatan devisa dan mempekerjakan sekitar 13 juta orang atau sekitar 10 persen dari total angkatan kerja. Pandemi COVID-19 memukul industri dengan keras. Pada paruh pertama tahun 2020, kedatangan ke Indonesia turun hampir 60 persen, industri ini diperkirakan akan kehilangan 10 miliar dolar Amerika dalam pendapatan devisa selama setahun penuh, dan lebih dari 90 persen pekerja di sektor ini telah dirumahkan tanpa batas waktu tanpa membayar.

Bahkan ketika dunia mulai pulih dari pandemi, masih belum jelas seberapa cepat para pelancong akan bersedia naik pesawat dan mengunjungi pantai Bali, hutan Kalimantan, dan tujuan populer lainnya. Selain itu, negara-negara yang bergantung pada pariwisata semuanya akan bersaing untuk kelompok pelancong yang lebih kecil untuk sementara waktu. Pemulihan di sektor pariwisata kemungkinan akan tertinggal di belakang sektor lainnya.

Ke depan, diharapkan para pelancong akan – setidaknya pada awalnya, menghindari kontak langsung dalam memesan, bepergian, dan bahkan menginap di tempat tujuan mereka. Mereka akan lebih memilih perjalanan yang lebih singkat ke tujuan luar ruangan dan kebijakan pembatalan yang fleksibel. Selain itu, mereka yang menginap di hotel dan akomodasi besar lainnya akan mengutamakan bukti nyata akan kebersihan dan kebersihan yang lebih baik daripada sebelumnya.

Untuk membantu sektor pariwisata pulih secepat mungkin, Indonesia harus fokus pada dua bidang penting. Pertama, mempromosikan pariwisata dalam negeri. Bukti dari banyak pasar menunjukkan bahwa perjalanan domestik telah pulih lebih cepat daripada perjalanan internasional, terutama di kalangan wisatawan muda yang menganggap diri mereka kurang rentan.

Berbeda dengan wisatawan mancanegara yang terkonsentrasi di Bali dan Nusa Tenggara Timur, mayoritas wisatawan domestik di Indonesia berkunjung ke Pulau Jawa. Untuk mendorong tingkat pariwisata domestik, pemerintah dan operator harus mempromosikan atraksi domestik yang kurang dikenal, seperti kawasan Danau Toba di Sumatera Utara, kawasan Mandalika di Nusa Tenggara Timur, dan Pantai Likupang di Sulawesi Utara. Diskon dan insentif lainnya juga dapat membantu memicu perjalanan domestik.

Indonesia juga dapat menggunakan jeda pengunjung yang tidak disengaja untuk meningkatkan infrastruktur wisatanya. Gangguan tersebut memberikan peluang, misalnya, untuk memperbaiki bandara, akomodasi, dan fasilitas lainnya. Lonjakan aktivitas digital yang dibawa oleh pandemi juga dapat digunakan untuk mempercepat adopsi teknologi baru oleh operator di sektor ini, dari sistem pemesanan online hingga analitik canggih yang dapat menawarkan informasi waktu nyata tentang aktivitas dan perilaku wisatawan.

Keseriusan perhatian pemerintah dalam menangani pemulihan pariwisata juga tidaklah main main, bagi para pelaku pariwisata dialokasikan dana sebesar Rp. 3.8 trilliun. Selain itu juga ada insentif tiket pesawat untuk 10 destinasi wisata sebesar Rp. 400 miliar dan masih ada lagi paket lain yang diberikan untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata. Semuanya ini dilakukan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata Indonesia.

Dengan semakin banyaknya wisatawan Nusantara yang mengadakan perjalanan wisata ke destinasi wisata di Indonesia maka ini akan semakin menambah keyakinan kepada wisatawan dari manca negara yang setiap tahunnya bisa mencapai 16 juta orang dan membawa devisa sampai 21 milyar USD, sebuah jumlah yang sangat disayangkan jika sampai hilang karena akan berefek bukan saja bagi negara tetapi juga bagi para pelaku wisata.

Negeri Zamrud Katulistiwa ini memang kaya akan alamnya budaya dan keseniannya. Sangat disayangkan jika menjadi sepi dari kunjungan tamu yang datang. Kita dapat ikut mendukung semangat pemerintah dengan menjaga berbagai fasilitas yang ada di destinasi wisata. Kemudian tetap menerapkan protokol kesehatan, sebagai prioritas dalam ekonomi dan juga tentunya memanfaatkan media sosial untuk menginformasikan bagaimana keindahan alam kita yang sekarang sudah dengan memperhatikan cleanliness, healthy and safety (CHS).

Sinergi dari semua pihak diperlukan untuk terus mendukung usaha pemerintah akan menghudupkan kembali sektor pariwisata pasca pandemi Covid 19. Kedisiplinan melakukan protokol kesehatan baik dari pengunjung maupun pebisnis wisata harus ditegakan. Penting ditekankan juga agar jumlah pengunjung dibatasi jumlahnya dari keadaan sebelumnya. Biarlah semuanya membawa sinyal positif yang membangun kepercayaan bagi calon wisatawan baik dari nusantara dan juga mancanegara.

Bangun kekuatan rantai pasokan dan logistik

Menyeimbangkan kembali rantai pasokan dan jaringan logistik adalah tren lain yang terlihat sebelum dimulainya COVID-19 dan dipercepat oleh dampak pandemi. Lonjakan permintaan yang tidak dapat segera dipenuhi, untuk masker wajah dan pembersih tangan, misalnya, menarik perhatian pada kelemahan rantai pasokan, sementara permintaan yang menurun, seperti untuk barang ritel, terutama pakaian, menjadi bagian dari perjuangan jaringan, untuk bertahan hidup.

Bahkan ketika operasi kembali normal, pergeseran kapasitas dan perubahan biaya akan terus bergema di seluruh jaringan logistik. Tetapi para pemimpin publik dan swasta dapat membangun upaya mereka untuk mengamankan pasokan yang dibutuhkan selama pandemi untuk menciptakan jaringan yang lebih kuat dan yang menawarkan perlindungan lebih besar terhadap guncangan di masa depan.

Salah satu pendekatannya adalah mendorong peralihan ke pemasok regional, bukan global. Antara 1995 dan 2012, jaringan pasokan meluas secara global ke sudut-sudut dunia dan perdagangan intra regional menderita. Pandangan baru pada risiko rantai pasokan, serta kekhawatiran tentang dampak perselisihan perdagangan, mengubah ini, dan dalam tujuh tahun ke depan, pangsa perdagangan barang global intra regional meningkat dari sekitar 47 persen menjadi lebih dari 50 persen. Dengan munculnya rantai pasokan regional yang akan terus berlanjut, Indonesia dapat memikirkan bagaimana memposisikan dirinya sebagai aktor penting dalam perdagangan intra-Asia di berbagai industri.

Sebagai bagian dari upaya untuk menangkap peluang regionalisasi rantai pasokan, Indonesia harus memperkuat rantai pasokan dan infrastruktur logistiknya sendiri, serta mengembangkan penyedia layanan yang berkualitas. Pada tahun 2018, Bank Dunia menempatkan infrastruktur logistik Indonesia pada peringkat ke-46 dari 160 negara yang dianalisis, meningkat dari peringkat ke-53 pada tahun 2014, yang mencerminkan upaya pemerintah. Bank Dunia pada tahun 2018 juga menempatkan Indonesia pada peringkat 136 dari 188 biaya ekspor dan peringkat ke-97 dalam waktu yang dibutuhkan untuk mengekspor. Peringkat ini menunjukkan ruang yang cukup besar untuk perbaikan.

Pandemi telah menambah lebih banyak tekanan pada sistem. Misalnya, peningkatan penggunaan belanja online dapat membawa jumlah pengiriman paket tahunan di Indonesia menjadi 1,6 miliar pada tahun 2022, enam kali lipat jumlah yang dikirimkan pada tahun 2018.

Reformasi menyeluruh di sektor transportasi dan logistik mungkin diperlukan untuk secara sistematis mengubah Indonesia menjadi pusat kekuatan Asia dan pusat yang diinginkan dalam rantai pasokan regional. Misalnya, melihat perdagangan maritim, reformasi dapat mencakup:

  • meningkatkan produktivitas dalam operasi pelabuhan untuk pelayaran domestik dan internasional, termasuk peningkatan koordinasi antara operator pelabuhan dan jalur pelayaran
  • mengurangi waktu tunggu kontainer untuk dimuat di kapal
  • meninjau program kapasitas untuk memastikan mereka memenuhi kebutuhan jangka panjang
  • menyediakan koneksi multimodal yang mulus antara pelabuhan dan produsen
  • modernisasi layanan logistik, khususnya pengiriman barang, pergudangan, dan pengangkutan
  • harmonisasi peraturan jika relevan
  • membangun kemampuan, terutama keterampilan digital.
  • Pemerintah dapat membantu dengan merangsang investasi di bidang logistik dan infrastruktur yang diperlukan, yang dapat menjadi sangat penting dalam upaya mendistribusikan vaksin COVID-19.

sumber : https://www.beritadaerah.co.id/2021/07/05/indonesia-maju-tetap-menjadi-tujuan-meskipun-pandemi-menghadang/

Posting Komentar

0 Komentar