Menata IKN Baru, Rektor Universitas Balikpapan Tawarkan 2 Konsep Penting

 


TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Di sesi terakhir dalam talkshow Mengawal dan Menata Ibu Kota Negara (IKN) baru di Sepaku dan Samboja, Kalimantan Timur yang digelar oleh Universitas Balikpapan (Uniba), Dr. Ir. Isradi Zainal selaku Rektor Uniba, turut menekankan 2 konsep penting dalam pembangunan IKN di Kaltim.

Mengambil istilah Sepaku Nagara, Dr. Ir. Isradi berharap pembangunan IKN dapat mengedepankan nilai smart, green, forest, blue, dan bermartabat yang terangkum dalam konsep Blue City dan Smart City.

Rektor yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Forum Dekan Teknik Indonesia ini mengatakan, Dekan Teknik Indonesia mengimbau agar pembangunan IKN perlu dilengkapi dengan konsep Blue City.

Menurutnya, dalam rumusan pembangunan IKN, konsep ini sedikit terlupakan dan belum secara optimal dilakukan.

Padahal konsep blue city terbilang penting, mengingat Kaltim memiliki potensi ALKI 2 dan kemaritiman yang besar.

Di sisi lain, sebagai Ketua PII Kaltim yang merupakan salah satu asosiasi yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk mengawasi pembangunan IKN, ia mengungkapkan jika konstruksi bangunan pencakar langit dapat diterapkan di Kaltim.

"Teknologi sekarang sudah mumpuni, tidak masalah jika ingin membangun gedung tinggi. Jangankan tanah gambut, bangunan di atas laut saja bisa. Kita bisa mencontoh penggunaan teknologi negara lain, contohnya adalah Singapore," ujarnya.

Kendati demikian, menurut Dr. Ir. Isradi, hal yang tidak boleh terlupakan dalam pembangunan IKN adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Kalau kita lihat dalam faktor pembiayaan IKN, kita hampir lupa mengenai pembiayaan SDM. Padahal dalam pemindahan IKN, SDM juga tidak kalah penting dari pembangunan infrastruktur," ungkapnya.

Selanjutnya mengenai konsep Smart City, ia menyampaikan agar pembangunan IKN tidak melupakan konteks safety atau keamanan.

"Rancangan pembangunan harus memastikan bahwa IKN akan bebas dari banjir, polusi, macet, dan bencana. Hal yang perlu dilakukan terkait itu adalah penataan kota dan transportasi yang terencana dengan baik, agar bisa dimanfaatkan dalam waktu lama," kata Dr. Ir. Isradi.

Berkenaan dengan hal tersebut, ia sendiri memiliki konsep Smart City yang mengusung nilai safe, security, sustainability, modern dan artistik.

"Pada prinsipnya selain dari konsep artistik, pembangunan ini perlu mengedepankan konsep safe, modern, technology based, dan tentunya disertai dengan persiapan SDM-nya," ucap Rektor Uniba tersebut.

sumber : https://kaltim.tribunnews.com/2021/07/07/menata-ikn-baru-rektor-universitas-balikpapan-tawarkan-2-konsep-penting

Posting Komentar

0 Komentar