Mengulik Sejarah Revolusi Industri 1.0 hingga 4.0

 Mengulik Sejarah Revolusi Industri 1.0 Hingga 4.0

Industri melakukan perkembangan hingga saat ini, maka dari itu itu ada istilah 'revolusi industri' yang merupakan perubahan besar dari sektor industri. Era revolusi industri pertama dimulai pada tahun 1750 -- 1850, dan hingga saat ini era revolusi industri sudah masuk ke tahap 4.0.
Revolusi adalah sebuah perubahan yang mendasar. Revolusi industri ialah perubahan besar dan mendasar terhadap yang dilakukan manusia dalam manajemen sumber daya manusia, alam dan memproduksi barang yang berdampak pada tatanan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat.

Revolusi Industri 1.0

Revolusi industri 1.0 yaitu tahun 1750 -- 1850. Pada revolusi industri 1.0 ini diawali oleh temuan mesin uap. ditandai dengan digunakannya mesin tenun mekanis bertenaga mesin uap pertama. Mesin uap itu lalu dimanfaatkan sebagaib alat penjelajahan samudra oleh Bangsa Eropa, Seiring berjalannya waktu, mesin uap pun digunakan ke dalam berbagai industri. Beberapa industri yaitu pertanian, pertambangan, transportasi, hingga ke manufaktur ditandai dengan tenaga manual digantikan dengan berbagai mesin uap.

Revolusi Industri 2.0

Revolusi Industri 2.0 dimulai saat ditemukannya tenaga listrik. Revolusi industri 2.0 lebih terfokus pada proses produksi, seperti masalah logistik. Salah satu peran revolusi industri 2.0 yang paling terlihat adalah saat perang dunia kedua (PD II), ditandai dengan produksi kendaraan perang seperti tank, pesawat, dan senjata tempur lainnya diproduksi secara besar-besaran.

Revolusi Industri 3.0

Di era ini, ditemukan mesin-mesin pintar berteknologi khusus yang bisa mengurangi peran manusia di dalam industri bahkan digantikan oleh mesin yang bisa memprediksi dan membuat keputusan sendiri. Hal-hal yang dulunya dilakukan oleh manusia digantikan oleh penggunaan komputer. Contohnya pada pengiriman dokumen, pengnghitungan formula yang rumit, sampai membuat pencatatan keuangan. Beberapa profesi juga bisa terancam oleh Era revolusi industri 3.0 ini, sebab dikhawatirkan profesi tersebut akan segera tergantikan oleh mesin sepenuhnya. Dalam era ini produksi jumlah besar bisa dilakukan secara otomatis dengan kecepatan tinggi namun dengan kualitas yang sama antara produk satu dengan lainnya merupakan alasan mengapa Penggunaan teknologi menjadi satu solusi yang tepat.

Revolusi Industri 4.0

Perkembangan dunia digital dan internet (Internet of Things) merupakan hal yg difokuskan dalam era revolusi 4.0. Di era ini ditemukannya inovasi seperti robot yang terhubung ke internet, AI, cloud computing, dan sebagainya berkembang pesat di era ini.Teknologi baru yang belum pernah ada sebelumnya seperti ojek online, M-banking sampai bermunculan online shop, bahkan karena pandemi para pelajar masih bisa belajar dari rumah dengan daring di era revolusi industri terbaru ini. Dalam revolusi industri 4.0 meningkatkan kemampuan software dan internet untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Beberapa contoh keunggulan dari industri 4.0 adalah, software bisa mengumpulkan histori data dari mesin yang digunakan untuk menjadwalkan maintenance bulanan secara otomatis. Algoritma akan memproses data data tersebut, seperti hal nya manusia yang bisa membuat keputusan logis.

Dari awal revolusi industri hingga revolusi saat ini. Selalu ditemukan penemuan penemuan inovatif yang memiliki manfaat jika kita bisa menguasainya dan bahkan bisa juga berdampak pada SDM yang tidak siap tidak mau menerima akan perubahan. Bergantung dari sudut pandang masing masing, Kita bisa melihat ini sebagai ancaman atau peluang baru.
Setiap revolusi industri bukanlah hal yang menakutkan jika kita bisa memanfaatksnnya. setiap saat ada saja kemajuan yang didapatkan. Dengan kita belajar dan terbuka akan industri digital saat ini, membuat kita tidak akan kelabakan dan bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.

sumber : https://www.kompasiana.com/panduwiicaksono/60f2b27070de0518aa4a0263/mengulik-sejarah-revolusi-industri-1-0-hingga-4-0

Posting Komentar

0 Komentar