Pengguna Internet Indonesia Telah Mencapai 73,3%

 


INDRAMAYU JABAR CAKRAWALA.CO – Penetrasi pengguna internet Indonesia berdasarkan survei dari APJII tahun 2019 – 2020 Kuartal II, jumlah pengguna Internet di Indonesia telah mencapat 73,7% dari total populasi. Jadi, internet saat ini sangat dibutuhkan orang Indonesia.

Dari 73,3% pengguna internet, ternyata orang Indonesia menggunakan internet untuk sosial media dan komunikasi lewat pesan. Kedua alasan ini paling tinggi dan paling signifikan yang digunakan oleh masyarakat, papar Al Akbar, Founder Sobatcyber Indonesia, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (12/7/2021).

Ia menyampaikan, pandemi mendorong perubahan struktur penggunaan internet yang sangat cepat. Dalam artian, masyarakat harus bertransformasi dari fisik menjadi non-fisik. Sebelum adanya pandemi, kita masih bisa bertatap muka. Saat ini, ruang publik bertransofrmasi menjadi ruang digital, karena sekarang dilakukan secara online.



Semua itu masuk ke era digitalisasi. Apapun yang kita lakukan hari ini, sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Kita sudah bisa memesan dan melakukan sesuatu melalui satu gadget, seperti belanja, memesan tiket, transaksi perbankan dan sebagainya.

Memasuki era digitalisasi, kita membutuhkan digital skills. Digital skills adalah kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat digital. Digital skills tersebut dibagi menjadi tiga, yaitu basic, intermediate, dan advance skills. Basic skills adalah kemampuan kita melakukan suatu penggunaan gadget atau aplikasi.

Menurut Al Akbar, seseorang yang sudah terhubung dengan internet, minimal harus memiliki basic skills. Karena, apabila tidak memiliki keahlian tersebut maka kita tidak bisa menggunakan perangkat dan internet tersebut.

Intermediate skills, mempunyai tingkatan lebih dalam menggunakan software untuk memanipulasi dan mengolah data, seperti digital marketing dan desain grafis. Kemudian, advance skills adalah kemampuan yang lebih lagi untuk memperoleh cyber security, big data, artificial intelligent, dan internet of things.

sumber : https://cakrawala.co/pengguna-internet-indonesia-telah-mencapai-733/

Posting Komentar

0 Komentar