Perdalam Ilmu IT dengan Masuk Jurusan Kuliah ini

 


REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO--Bincang Kampus BMS TV merupakan program talkshow yang disiarkan melalui stasiun TV lokal di Banyumas. Program ini tayang setiap hari Jumat, pukul 20.00 WIB.

Universitas BSI kampus Purwokerto hadir sebagai narasumber, mengangkat perbincangan tentang perkuliahan dan lulusan program studi Prodi yang ada di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Puwokerto. Acara ini berlangsung pada Jum’at (11/6) silam.

Nuzul Imam, selaku kaprodi Teknologi Komputer dan Eva Argarini selaku kaprodi Sistem Informas dari Universitas BSI Kampus Purwokerto sebagai narasumbernya.

Pada tayangan tersebut, Nuzul memaparkan beberapa hal tentang program studi teknologi computer yang dirasa sangat cocok bagi generasi muda yang ingin mengolah dan mengembangkan kompetensi di bidang IT.

Pentingnya talkshow ini juga sebagai edukasi terhadap masyarakat luas, sebab masih banyak masyarakat yang buta terhadap Teknologi Komputer. “Prodi teknologi komputer merupakan jurusan yang mempelajari bagaimana penerapan dan penggunaan teknologi sistem tertanam. Khususnya pada bidang komputer yang mendukung otomatisasi industri dan juga mempelajari sistem komputer modern seperti Internet of Things (IoT),” paparnya.

Menurutnya, prospek kerja lulusan prodi teknologi komputer dapat menjadi tenaga profesional di bidang teknologi. Mulai dari merancang, mengimplementasikan sistem komputer, jaringan komputer dan perangkat IoT pada perusahaan atau organisasi.

“Dengan perkembangan IoT, prakarsa kreatif dalam memanfaatkan komputer kian menarik. Kini bermacam rupa perusahaan startup berlaga melahirkan perangkat yang unik,” katanya dalam keterangan tertulis Kamis (15/7).

Ia mengatakan, tentunya tingkat pembuatan software dan hardwarenya pun semakin sukar. Sebab itu, prospek kerja lulusan prodi teknologi komputer sangatlah besar.

“Lulusan dari teknologi komputer Universitas BSI dapat mengelaborasi karier sebagai ahli embedded system engineer, programmer, computer analyst, robotic engineer, industrial engineer, network administrator, serta database administrator,” jelasnya.

Sedangkan, mengenai prodi sistem informasi, Eva menjelaskan bahwa jurusan ini mempelajari, bagaimana mendesain sistem yang tepat berdasarkan capaian organisasi atau perusahaan.

“Mahasiswa di jurusan ini diarahkan agar dapat mengelaborasi, menggunakan, dan mengoperasikan software dan hardware di dunia bisnis maupun perorangan. Melalui prodi ini mahasiswa tidak hanya dibekali dengan ilmu pemrogramannya saja, melainkan tentang manajemen dan bisnis juga,” pungkasnya.

Menurutnya, jurusan ini pas untuk mereka yang ingin terjun ke dunia IT, namun tidak terlalu ingin menyelami seluk-beluk programming.

“Lulusan sistem informasi Universitas BSI memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Lulusannya dapat berkompetisi di berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Mereka dicari untuk kebutuhan melahirkan atau mengelaborasi software yang bermanfaat untuk kelangsungan perusahaan,” paparnya.

Sedangkan prospek kerja lulusan sistem informasi antara lain, bisa merencanakan proses bisnis berkelanjutan, analis riset operasional, analis sitem komputer, dan admin database.

sumber : https://www.republika.co.id/berita/qw9jdr380/kementan-dorong-daerah-kuatkan-cadangan-pangan

Posting Komentar

0 Komentar