Tumbuh Pesat, Jokowi Ramal Ekonomi Digital RI Terbesar se-Asia Tenggara

 


Jakarta: Presiden Joko Widodo menilai ekonomi digital Indonesia saat ini tengah tumbuh pesat. Bahkan Indonesia akan menjadi terbesar di Asia Tenggara.

"Nilai ekonomi digital Indonesia diprediksi akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dalam 10 tahun ke depan," kata Jokowi dalam acara Investor Daily Summit 2021, Selasa, 13 Juli 2021.

Ia menjelaskan selama 2020 nilai transaksi perdagangan digital Indonesia mencapai Rp253 triliun. Nilai tersebut diperkirakan akan terus meningkat menjadi Rp330,7 triliun di 2021.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan M Lutfi pernah menjelaskan ekonomi digital Indonesia diprediksi akan tumbuh hingga delapan kali lipat di 2030. Nilai ekonomi digital saat ini sebesar Rp632 triliun dan dalam sepuluh tahun kedepan akan menjadi Rp4.531 triliun.

Adapun pemerintah saat ini tengah memanfaatkan gelombang kedua ekonomi digital dengan menciptakan ekosistem digital yang memfasilitasi produksi, logistik hingga transaksi.

Sektor niaga elektronik (e-commerce) didorong menjadi salah satu penopang ekonomi Indonesia di tengah pandemi covid-19.

"E-commerce dapat menjadi penopang ekonomi Indonesia, khususnya di tengah pandemi covid-19 dengan memanfaatkan gelombang kedua ekonomi digital, yaitu teknologi 5G, internet of things (IoT), blockchain, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Sehingga, terbangun ekosistem digital yang bukan sekedar memfasilitasi transaksi, tetapi juga produksi, logistik, dan teknologinya,” ujar Lutfi.


sumber : https://www.medcom.id/ekonomi/ekonomi-digital/4ba32avK-tumbuh-pesat-jokowi-ramal-ekonomi-digital-ri-terbesar-se-asia-tenggara

Posting Komentar

0 Komentar