Aplikasi Smart City Skota Telah Hadir, Begini Tujuan dan Konsepnya!

Aplikasi Smart City Skota Telah Hadir, Begini Tujuan dan Konsepnya!

Smart city Skota merupakan aplikasi kota pintar yang telah menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan efisiensi operasional. Selain itu, juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari pemerintahan serta kesejahteraan warga.

Bahkan saat ini beberapa negara sudah mulai menggunakan serta menerapkan konsep smart city tersebut. Salah satu tujuannya adalah sebagai sebuah solusi di dalam perkembangan dan pertumbuhan perkotaan.

Pasalnya, tujuan dari adanya smart city sendiri yaitu guna mengoptimalkan fungsi kota tersebut juga mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan meningkatkan kualitas kehidupan semua warga dengan cara menggunakan teknologi terkini itu.

Mengenal Aplikasi Smart City Skota, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat
PT SUN Energy (Surya Utama Nuansa) juga ikut andil di dalam bagian pengembangan aplikasi pintar ini. Dengan melalui pemanfaatan sebuah teknologi energi yang ramah lingkungan untuk membangun kota berkelanjutan.

Adapun salah satu kota yang melakukan pembangunan dari konsep smart city yaitu DKI Jakarta. Sementara itu, visi Jakarta telah berhasil berkembang tahun 2014 dengan melalui beberapa pendekatan.

Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah smart city? Pasalnya, akhir-akhir ini aplikasi tersebut justru menjadi perbincangan oleh banyak orang. Terlebih mengingat saat tahun 2019 merupakan tahun politik.

Sehingga banyak orang yang sudah memasukkan program smart city ke dalam kampanyenya untuk solusi suatu permasalahan di kota. Apakah Anda merasa penasaran dengan penerapan aplikasi smart city Skota tersebut?

Tentang Perkembangan Smart City
Aplikasi smart city Skota adalah salah satu bagian dari implementasi IoT atau Internet of Things di Indonesia. Sebuah objek dari program tersebut yaitu pemerintah, infrastruktur kota, dan masyarakat.

Pada intinya, smart city ini bertujuan guna mengintegrasikan sebuah informasi dari ketiga objek tersebut. Apa tujuannya? Sebagai pelayanan yang lebih efisien lagi.

Pada dasarnya, setiap kota pasti akan memiliki yang namanya permasalahan dan tentunya berbeda-beda. Bahkan untuk bisa mengaplikasikan smart city di Indonesia sendiri bukanlah suatu hal yang sangat mudah.

Maka dari itu, dengan mengetahui akan kebutuhan setiap kota adalah menjadi hal yang penting dalam menciptakan aplikasi. Misalnya saja seperti Jakarta, sebab kota tersebut akan terus berfokus pada transportasi publik.

Cara Kerjanya Bagaimana?
Aplikasi smart city Skota akan menggunakan kombinasi antara perangkat IoT, jaringan komunikasi ,dan perangkat lunak. Meski ada beberapa, namun teknologi yang sangat fundamental dan tepat di smart city yaitu IoT.

IoT merupakan sebuah sistem perangkat komputasi yang saling berkaitan dengan mesin mekanik dan digital. Selain itu, memiliki kemampuan pula untuk mentransfer data dengan jaringan tanpa interaksi antar manusia.

Smart city juga akan menggunakan analitik big data supaya bisa diterapkan ke dalam kota-kota. Selanjutnya IoT akan menghasilkan sekumpulan big data itu dan kemudian untuk dianalisis dalam layanan smart city.

Dengan menggunakan IoT serta teknologi yang saling terhubung, maka smart city kualitasnya akan meningkat. Lalu kinerja maupun interaktivitas layanan mampu mengurangi biaya tambahan.

Apakah Indonesia Sudah Menggunakan?
Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa sudah ada beberapa negara yang menerapkan konsep aplikasi smart city Skota. Misalnya saja Singapura, Seoul, New York, dan Toronto. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Untuk beberapa kota saja di Tanah Air juga sudah mulai mencoba untuk menerapkan konsep smart city tersebut. Beberapa diantaranya adalah Tangerang, Jakarta, Bogor, Bandung, Bekasi, Binjani, dan Surabaya.

Misalnya di Kota Jakarta yang sudah menerapkan smart city, maka pemerintahannya akan berfokus agar mengembangkan ekosistem kolaborasi. Selain itu, pemerintah Jakarta juga akan berperan sebagai collaborator.

Saat ini, Indonesia juga terus berkembang. Begitu juga dengan kota-kota besar yang berada di negara tersebut. Pasalnya, pemerintah juga memiliki tanggung jawab agar terus mengembangkan kota-kota untuk menuju ke kota pintar (smart city).

Konsep smart city ini juga mampu memberi pengaruh yang positif seperti untuk menyelesaikan kemacetan. Tidak hanya itu saja, namun juga sebagai keamanan kota dan masih banyak lagi yang lain.

Konsep aplikasi smart city Skota kini memang menjadi trend tersendiri. Seakan-akan setiap kota yang ada akan segera menuju ke kota pintar. (R10/HR Online)


Posting Komentar

0 Komentar