Pertamina Bakal Perbanyak SPBU Green Energy Station, Apa itu?

 

Pertamina Bakal Perbanyak SPBU Green Energy Station, Apa itu?

Jakarta: PT Pertamina sebagai perusahaan energi milik negara terus berbenah agar bisa bisa menyesuaikan diri dengan zaman. Salah satu inovasi yang mereka lakukan saat ini adalah dengan menghadirkan SPBU green energy station (GES).

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyebutkan GES ini merupakan salah satu langkah Pertamina mengembangkan bisnis energi terbarukan di masa depan. GES memiliki 3 konsep yakni green, future, dan digital. Konsep green ini diejawantahkan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di area SPBU, konsep future yang memiliki EV Charging Station, serta konsep digital yaitu MyPertamina.

“Dalam waktu dekat, kami juga akan me-launching green energy station, dimana hari ini sudah sekitar 100 SPBU Pertamina terpasang Solar PV, sehingga listriknya juga sudah green energy dan nanti akan dilengkapi dengan SPKLU,” ujar Nicke melalui keterangan resminya.

Nicke mengungkapkan, tahun ini Pertamina menargetkan 250-300 SPBU yang akan menjadi green energy station. Bahkan, menurutnya, akan ada reward khusus bagi pelanggan yang membeli BBM di green energy station. Ini adalah komitmen Pertamina untuk mendukung tambahan bauran energi dari energi terbarukan di dalam transisi energi.

Nicke juga menyebutkan sebagai BUMN yang masih menjalankan bisnis didominasi energi fosil, maka transformasi Pertamina harus dijalankan secara signifikan dan cepat. Komitmen transisi energi juga harus dilakukan secara serius dan melibatkan program yang sangat masif. Target tersebut masukan ke dalam Environment, Social & Governance (ESG), baik secara langsung maupun tidak langsung di dalam operasional perusahaan.

Menurutnya, perusahaan pelat merah tersebut juga telah melakukan pengukuran karbon emisi dalam 10 tahun terakhir dan telah dicapai sebesar 29 persen karbon emisi selama 2010-2020. Hal ini akan terus ditingkatkan termasuk di sektor transportasi yang menyumbang 23 persen karbon emisi.

“Sektor transportasi Ini harus menerapkan spesifikasi, untuk Itu, Pertamina bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan BPPT untuk mengembangkan SPKLU. Ada 3 lokasi yang dikembangkan dan alhamdulillah sudah beroperasi,” ujar Nicke.

Sumber : https://m.medcom.id/otomotif/mobil/4KZ2qlYK-pertamina-bakal-perbanyak-spbu-green-energy-station-apa-itu?p=2

Posting Komentar

0 Komentar