Program Unggulan Kota Depok Smart City 2021


Program Unggulan Kota Depok Smart City 2021

DEPOK, JABAR– Untuk meningkatkan kualitas pembangunan Kota Depok , serta meningkatkan layanan Publik maka Pemerintah Kota Depok, tahun 2021 telah mencanangkan penyelenggaraan Depok Smart City atau lebih dikenal dengan Kota Cerdas.

Demikian dikatakan Kepala dinas Infokom Kota Depok, Sidik Mulyono ke awak Media dikantornya beberapa waktu yang lalu.

Lebih Lanjut Kepala Dinas Infokom Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, Kota Cerdas adalah upaya-upaya inovatif, dan suatu konsep pengelolaan semua potensi sumber daya secara efektif dan efesien untuk mengatasi berbagai persoalan dalam meningkatkan kualitas manusia dan komunitas setempat,dalam rangka memenuhi berbagai kebutuhan, melalui management inovasi yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Oleh karena itu menurut sidik, yang menjadi kunci utama pengembangan Depok Smart city adalah Inovasi yang tertuang secara tertulis dalam rencana Strategis dan Rencana kerja Perangkat Daerah Untuk menjamin keberlangsungan implementasinya.

Perlu diketahui bahwa Keterhubungan antara dimensi Depok smart city, dalam misi strategi/kebijakan didalam rencana pembangunan jangka menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026, dapat digambarkan sebagai berikut :

a). Smart Govemance , Pembangunan infrastruktural berbasis digital untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pelayanan Publik,

b). Smart economy, peningkatan daya saing ekonomi berbasis potensi lokal.

C). Smart living, upaya peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang berkualitas .

d). Smart Society meningkatkan aksesisibilitas layanan secara Umum.

e). Smart Environment menyangkut peran masyarakat dalam pengelolaan lingkungan yang berbasis teknologi,

f). Smart Branding mengemas sumber daya dari semua dimensi menjadi branding Kota.

Selain itu juga, menurut Sidik, Program unggulan depok smart city lainnya seperti Easy Tax Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, memudahkan warga depok melakukan pendaftaran pajak , pelaporan omzet pajak, serta pembayaran pajak. Kemudian ada PICODEP (Program Pusat Informasi Covid-19 Kota Depok) dari dinas Kesehatan.

Zero Waste, Dinas lingkungan hidup suatu program mengelola sampah dari Hulu ke hilir. Program Decomart, dinas Koperasi dan Usaha Mikro. Program SAB (program Sekolah Ayah Bunda). serta program City Tour, Dinas Pemuda, Olahraga , Kebudayaan dan Parawisata. Untuk mengunjungi lokasi-lokasi ikon Kota Depok. Seperti setu Alun-Alun dan lain tempat bersejarah lainnya.

Seiring dengan perkembangan Kota Cerdas, Kota cerdas membutuhkan suatu kolaborasi dari unsur pemerintahan, akademisi, praktisi, dan masyarakat. Maka Untuk menampung semua ide kolaborasi tersebut dibutuhkan suatu lembaga yang dinamakan Dewan Kota cerdas, yang merupakan wadah partisipasi antar sektor dan antar elemen dalam rangka melakukan percepatan pembangunan dan pelaksannaan Kota Cerdas 2021. Demikian jelas Kepala dinas Imfokom Kota Depok sidik Mulyono. (A.Harahap)

Sumber : https://bidiknasional.com/2021/08/program-unggulan-kota-depok-smart-city-2021/

Posting Komentar

0 Komentar