Teknologi IoT Memacu Solusi Pengelolaan Kelistrikan

 

Teknologi IoT Memacu Solusi Pengelolaan Kelistrikan

Teknologi Internet of Things atau IoT diterapkan dalam pencatatan meteran listrik yang memungkinkan perusahaan penyedia listrik, semisal PLN, melakukan remote monitoring, yakni memantau dan mengendalikan perangkat secara online. Dengan demikian, perusahaan listrik tidak perlu mengirimkan pencatat meter ke rumah pelanggan karena Kwh Meter dengan perangkat IoT mampu mengirimkan data ke pusat data PLN secara berkesinambungan. Hal ini selain memungkinkan PLN memberikan penagihan yang akurat, konsumen pun dapat memonitor penggunaan listriknya secara real time melalui perangkat smartphone.

Teknologi seperti ini sudah diimplementasikan oleh sebuah badan usaha yang memiliki ijin kuasa listrik yakni, yakni PT Muba Electric Power (MEP), sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang mengelola kelistrikan untuk konsumen di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, dengan merilis aplikasi Muba Listrik Pintar pada semester II/2020. BUMD pengelola kelistrikan yang sahamnya dimiliki Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin ini menggunakan smart meter dua arah sehingga selain mengubah pola pelanggan pasca bayar menjadi prabayar melalui program listrik pintar ini, juga penggunaan listrik diketahui secara terbuka oleh penyedia maupun pelanggan listrik. Lebih dari 48 ribu pelanggan yang tersebar di 12 kecamatan sudah melakukan proses migrasi dari Kwh analog ke smart meter.

Fungsi smart meter ini antara lain memudahkan pembayaran tagihan listrik dan kepastian biaya yang dibayarkan pelanggan, mencegah penyelewengan akses dan distribusi listrik, serta mengurangi tunggakan tagihan pelanggan. Untuk sistem prabayar, sistem pembayaran terkoneksi melalui aplikasi di piranti bergerak (mobile) yang dikelola PT Miota Internasional Teknologi (MIT). Perusahaan ini bekerjasama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk/BRI.

Beberapa waktu lalu Direktur PT MEP, Augie Bunyamin, mengatakan melalui aplikasi Muba Listrik Pintar tersebut pelanggan dapat memantau dan mengendalikan tingkat pemakaian listrik secara harian lewat aplikasi. Ini diyakini Augie akan berdampak positif berupa bakal berkurangnya tunggakan pembayaran. Augie menjelaskan MEP merupakan satu-satunya BUMD di Indonesia yang bekerja sama dengan PT Miota Internasional Teknologi dalam penggunaan teknologi IoT di aplikasi listrik pintar ini. Penggunaan teknologi smart electric city dalam menyalurkan listrik yang dikelola oleh MEP ini adalah inovasi untuk menyongsong revolusi digital 4.0.

Asto Subroto, Chief Strategic Officer/CSO PT Miota Internasional Teknologi, menyebutkan keuntungan IoT untuk MEP adalah mengintegrasikan proses operasional listrik (termasuk memonitor kehilangan daya) dan pelayanan pelanggan, sementara untuk pelanggan memudahkan pengontrolan penggunaan dan pembayaran listrik. Perusahaan penyedia IoT yang berdiri pada 2018 ini berkolaborasi dengan mitra untuk menyodorkan jasa IoT di bidang energi.”Salah satu pendorong implementasi teknologi IoT pada industri energi adalah kebutuhan untuk menjalankan perusahaan energi dengan pemakaian dan manajemen yang lebih efisien. Data yang terkumpul melalui teknologi IoT akan membantu industri ini untuk peningkatan kualitas pelayanan, produktivitas, dan efisiensi,” ujar Asto di Jakarta, Senin (2/8/2021).

Asto menjelaskan aplikasi listrik pintar atau smart metering ini merupakan inovasi yang dikreasikan perusahaanya yang mampu meningkatkan efisiensi dan transparansi kelistrikan. “Aplikasi dari implementasi ekosistem IOT ini memudahkan perusahaan swasta nasional dan multinasional, BUMN, dan BUMD mengelola listrik di era digitalisasi dan Industri 4.0,” sebut Asto juga merupakan founder Miota. Ke depannya, penggunaan IoT di kelistrikan akan semakin atraktif dan menjadi solusi bagi penyedia (provider) maupun pelanggan listrik. Penggunaan IoT mampu menjadi tulang punggung dalam mendorong transformasi digital di sejumlah sektor selama pandemi Covid-19.

Sumber : https://swa.co.id/swa/trends/technology/teknologi-iot-memacu-solusi-pengelolaan-kelistrikan

Posting Komentar

0 Komentar