Wali Kota Madiun : Program Kota Cerdas Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat

Wali Kota Madiun : Program Kota Cerdas Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat

Madiun – Konsep Kota Cerdas di tanah air terus dimaksimalkan. Pemerintah membuka pintu lebar-lebar kepada perguruan tinggi untuk melaksanakan riset terkait tranformasi Digital serta rating Kota Cerdas Indonesia mulai saat ini.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin membuka kegiatan Riset Transformasi Digital Indonesia (RTDI) dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2021 secara daring, Senin (2/8). Sebagai salah satu daerah pilot project program pemerintah pusat tersebut, Kota Madiun tentu terlibat di dalamnya. Karenanya, Wali Kota Madiun Maidi juga mengikuti kegiatan pembukaan secara virtual dari Balai Kota.

‘’Jadi kota kita kan masuk ke sana (program Kota Cerdas). Artinya, pembangunan ke depan juga harus memperhatikan program-program Kota Cerdas ini. Jangan sampai apa yang sudah ditentukan pusat terkait program ini, kita tidak bisa mengikuti,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi usai kegiatan.

Pemerintah pusat, kata wali kota, mewajibkan program Kota Cerdas tersebut berjalan optimal. Karenanya, kegiatan juga sekaligus evaluasi. Program-progam yang disusun di daerah juga tidak boleh sembarangan. Program harus benar-benar menyentuh komponen Kota Cerdas tersebut. Pun, program wajib berkelanjutan. Karenanya, evaluasi berkala juga terus dilakukan. Konsep Kota Cerdas merupakan upaya pemerintah meningkatkan kualitas hidup masyarakat hingga 2050 nanti.

‘’Porgram-programnya harus jelas dan sifatnya berkelanjutan. Jangan kemudian asal-asalan. Kalau bisa kita menjadi contoh bagi daerah lain,’’ tegasnya.

Bukan hanya program, pola penganggarannya juga harus sesuai standar. Apalagi, ada banyak kegiatan dan program dalam konsep Kota Cerdas ini. Artinya, juga membutuhkan penganggaran yang juga besar. Karenanya, wali kota meminta tim Kota Cerdas Kota Madiun untuk tidak main-main dan asal-asalan. Sebaliknya, wali kota menginstruksikan untuk serius dan memberikan yang terbaik untuk Kota Madiun.

‘’Ini bukan hanya untuk Kota Madiun, tetapi untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat. Karenanya, harus serius,’’ pungkasnya. (ris)

Sumber : https://klikjatim.com/wali-kota-madiun-program-kota-cerdas-untuk-peningkatan-kualitas-hidup-masyarakat/


Posting Komentar

0 Komentar