Wapres: Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Melalui Smart City

 


Wapres: Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Melalui Smart City

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, saat ini pemerintah terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat hingga tahun 2050 melalui program smart city.

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf di Acara Pembukaan Riset Transformasi Digital Indonesia (RTDI) dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) Tahun 2021 yang digelar secara daring, Senin (2/8/2021). Ma'ruf mengatakan, sama seperti transformasi digital, smart city merupakan program jangka panjang yang sedang dikembangkan untuk meningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya mereka yang ada di perkotaan. "Melalui program smart city, pemerintah terus berupaya meningkatkan pencapaian peningkatan kualitas hidup masyarakat yang berkelanjutan hingga tahun 2050," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan, saat ini smart city merupakan salah satu konsep yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang dihadapi kota. Dengan demikian, dia pun menilai bahwa perguruan tinggi wajib menyediakan riset-riset inovatif yang memberikan solusi terhadap permasalahan berbagai kota yang ada di Indonesia.

"Pemerintah mendukung kegiatan Riset dan Rating Tranformasi Digital & Kota Cerdas Indonesia 2021 dan berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk menentukan arah dan tujuan pengembangan kota agar menjadi kota cerdas yang bergerak sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sumber daya yang ada," kata Ma'ruf. Ma'ruf berharap, kegiatan tersebut juga dapat menjadi jembatan pemerintah untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Ini termasuk meningkatkan literasi digital dan mengevaluasi proses transformasi digital di Indonesia secara mandiri. Ma'ruf juga mengapresiasi ITB yang telah menyumbangkan konsep pembangunan kota cerdas melalui Garuda Smart City Framework. Konsep tersebut dinilainya tidak hanya memberikan indikator kota cerdas, tetapi juga memberikan gambaran bagaimana melakukan transformasi menuju kota cerdas. "Saya harapkan pemerintah kota bisa memanfaatkan penelitian ITB ini untuk meningkatkan kinerjanya dan memperbaiki kualitas kota sesuai aspirasi masyarakat," ucap dia.

Sumber : https://nasional.kompas.com/read/2021/08/02/10485471/wapres-tingkatkan-kualitas-hidup-masyarakat-melalui-smart-city

Posting Komentar

0 Komentar