Arcandra Tahar: Gas Bumi Punya Peran Strategis untuk Transisi ke Energi Terbarukan


JAKARTA - Mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, gas bumi akan tetap menjadi energi strategis di tengah berkembangnya energi baru terbarukan seperti panas bumi, angin, dan matahari.

Arcandra mencontohkan peran gas bumi di tengah upaya pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap.

Mengingat biaya yang cukup mahal jika berdiri sendiri, dalam operasionalisasinya PLTS atap masih akan membutuhkan bantuan baterai atau sumber energi lain.

"Gas bumi juga akan memiliki peran sentral dalam proses transisi energi dari energi fosil menuju energi baru yang dinilai lebih ramah lingkungan," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (14/9/2021).

Dia menjelaskan, gas berfungsi sebagai energi primer yang akan menyokong penerapan PLTS atap ketika energi dari matahari drop.

Dengan harga gas lebih kompetitif, lanjut Arcandra, kombinasi gas bumi dan PLTS akan lebih efisien daripada penggunaan baterai.

"Secara komersial mestinya penggunaan gas bumi dalam pengembangan PLTS akan lebih kompetitif daripada penggunaan baterai. PGN dapat membangun sinergi dengan PLN untuk menjalankan strategi ini," pungkasnya.

Sumber : https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/09/14/arcandra-tahar-gas-bumi-punya-peran-strategis-untuk-transisi-ke-energi-terbarukan

Posting Komentar

0 Komentar