Contoh Bagaimana Manusia Memanfaatkan Sumber Energi


Sumber energi yang ada di bumi atau di sekitar kita pada dasarnya cukup banyak. Misalnya saja seperti energi panas yang bersumber dari matahari dan lain sebagainya. Keberadaan sumber-sumber energi tersebut tentu dapat dimanfaatkan oleh manusia guna menunjang kehidupannya sehari-hari. Lalu pertanyaannya, bagaimana manusia memanfaatkan sumber energi tersebut?

Sumber energi yang ada di alam sebenarnya dapat dimanfaatkan oleh manusia dengan beragam cara. Misalnya saja seperti memanfaatkan panas matahari secara langsung untuk mengeringkan pakaian basah ataupun mengeringkan makanan tanpa perlu membutuhkan alat bantu.

Selain dimanfaatkan tanpa alat bantu, sumber energi lainnya juga ada yang perlu diolah sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk menunjang kehidupan manusia.

7 Contoh Bagaimana Manusia Memanfaatkan Sumber Energi

Agar Anda bisa semakin tahu bagaimana manusia memanfaatkan sumber energi, maka simaklah 7 contoh pemanfaatan energi berikut ini:

Panas Matahari
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, panas matahari dapat dimanfaatkan secara langsung guna mengeringkan pakaian dan makanan. Namun selain itu, tenaga surya tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai penghasil listrik dengan bantuan panel surya atau solar panel. Panas matahari dalam kehidupan sehari-hari juga banyak dimanfaatkan sebagai sumber vitamin D penguat tulang bagi manusia, untuk mendapatkannya kita hanya perlu berjemur selama beberapa waktu.


Gelombang dan Angin Laut
Gelombang dan angin laut yang besar juga dapat dimanfaatkan sebagai penghasil listrik. Selain itu, gelombang dan angin laut tersebut juga berperan besar dalam membantu para nelayan berlayar ataupun kembali ke pantai.

Aliran Air
Aliran air bersih termasuk kebutuhan pokok bagi makhluk hidup, sebab air banyak dimanfaatkan sebagai sumber air minum baik bagi tumbuhan, hewan, ataupun manusia. Disamping itu, manusia juga membutuhkan air untuk kepentingan sanitasi seperti mandi dan mencuci. Selain dimanfaatkan sebagai penyedia minuman dan sanitasi, derasnya aliran air juga dapat dimanfaatkan sebagai energi pembangkit listrik seperti apa yang dilakukan oleh PLTA.

Minyak Bumi
Sumber energi berupa bahan bakar fosil seperti bensin dan minyak bumi lainnya banyak diolah lewat proses tertentu agar bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk menjalankan kendaraan bermotor.

Biomassa
Biomassa merupakan salah satu sumber energi alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Secara umum biomassa tersebut dihasilkan dari pengolahan sisa-sisa makhluk hidup seperti kotoran hewan/manusia, ataupun dari sisa-sisa tumbuhan yang mati.

Panas Bumi
Panas bumi atau geothermal termasuk sumber energi alternatif dengan memanfaatkan panas isi bumi untuk diolah menjadi tenaga listrik. Adapun sumber panas bumi yang dapat dimanfaatkan tersebut bisa berasal dari aktifitas tektonik dalam bumi ataupun dari aktivitas gunung berapi.

Listrik
Listrik merupakan bentuk sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Sebab energi tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai keperluan misalnya saja digunakan sebagai sumber penerangan saat hari gelap, ataupun digunakan supply energi untuk menyalakan barang-barang elektronik dalam berbagai keperluan, baik komunikasi (ponsel), hiburan dan informasi (tv) atau lain sebagainya.

Itulah beberapa contoh bagaimana manusia memanfaatkan sumber energi yang ada di alam guna memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. (HAI)

Sumber: https://kumparan.com/berita-update/contoh-bagaimana-manusia-memanfaatkan-sumber-energi-1wTd9kyvhCG/full

Posting Komentar

0 Komentar