Jalan Cerdas' Kota Pekalongan Sediakan 5.000 E-book, Junaenah: Perkaya Literasi Masyarakat


PEKALONGAN - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan baru saja meresmikan jaringan layanan internet gratis di perpustakaan masyarakat Cerdas (Jalan Cerdas) yang berada di Perpustakaan Pelita II, Kertoharjo, Kecamatan Pekalongan Selatan.

Internet Gratis 'Jalan Cerdas' merupakan pengembangan layanan internet gratis yang bisa diakses oleh masyarakat khususnya di wilayah Kuripan Kertoharjo tanpa harus datang ke perpustakaan Pelita.

Kepala Seksi Akuisisi, Pengolahan, dan Layanan Perpustakaan Junaenah menjelaskan, masyarakat dapat mengakses layanan ini dengan cara yakni pemustaka wajib mendaftar sebagai anggota perpustakaan masyarakat cerdas.

Kemudian, pemustaka akan mendapatkan kartu anggota, nama pengguna, dan password.

Dengan mendapatkan nama pengguna dan password, layanan jalan cerdas sudah dapat digunakan oleh pemustaka.

"Akses ini hanya bisa digunakan untuk satu username dan password di satu perangkat saja," kata Kepala Seksi Akuisisi, Pengolahan, dan Layanan Perpustakaan, Junaenah, Rabu (15/9/2021).

Pihaknya mengungkapkan, layanan ini menjadi solusi untuk dapat mengunjungi perpustakaan secara virtual dengan aplikasi iPekalongankota.

"Saat ini di aplikasi tersebut tersedia kurang lebih 5000 e-book yang terdiri dari berbagai jenis."

"Mulai dari buku keterampilan, buku biografi, novel anak, dan sebagainya, yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memperkaya dan menambah informasi maupun khazanah literasi," ungkapnya.

Junaenah menambahkan di era pandemi ini, buku bacaan yang diminati oleh masyarakat antara lain buku tentang pelatihan keterampilan, buku cerita, novel, baik novel remaja maupun novel anak.

"Harapannya, dengan mendekatkan fasilitas kepada masyarakat melalui digital."

"Masyarakat lebih dimudahkan untuk membaca atau menambah informasi menggunakan buku digital atau e-book," tambahnya.

Sumber : https://pantura.tribunnews.com/2021/09/15/jalan-cerdas-kota-pekalongan-sediakan-5000-e-book-junaenah-perkaya-literasi-masyarakat

Posting Komentar

0 Komentar