Lewat Hackathon 2021, BPJS Kesehatan Jaring Bakat Teknologi Informasi Kesehatan


Jakarta - BPJS Kesehatan kembali menggelar kompetisi bagi para praktisi teknologi informasi (TI), CS developer, data scientist, hingga masyarakat umum untuk menyalurkan ide kreatif terhadap perkembangan teknologi informasi di bidang kesehatan.

Lewat kompetisi Hackathon 2021, BPJS mengandeng digital event organizer Arena. Sekitar 12 karya terbaik dari anak bangsa di seluruh Indonesia menjadi pemenang kompetisi yang digelar dari Sabtu (18/9/2021) hingga Minggu (19/9/2021) itu.

Direktur Teknologi dan Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan mengatakan kompetisi ini mampu mendorong keterlibatan dari berbagai unsur masyarakat untuk bersama-sama berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pelayanan peserta JKN-KIS melalui kolaborasi dan inovasi.

“Kami berharap dengan keikutsertaan para praktisi TI dalam kompetisi BPJS Kesehatan Hackathon ini sebagai salah satu upaya bersama dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi informasi, khususnya di bidang kesehatan. Dengan adanya kontribusi dari para praktisi TI, ide yang disalurkan dapat diimplementasikan ke dalam Program JKN-KIS dan terus memberikan kemudahan bagi peserta,” ujar Edwin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Kompetisi BPJS Kesehatan Hackathon 2021 diikuti oleh 1.015 peserta. Lolos pada awal kompetisi sebanyak 403 peserta. Mereka terdiri atas 122 peserta kategori Penetration Testing, 81 peserta kategori Internet of Things, dan 200 peserta kategori Artificial Intellegence (AI).

Penetapan 12 peserta terbaik tersebut berdasarkan hasil penilaian Tim Juri Eksternal yang terdiri atas pakar TI dan BPJS Kesehatan. Selanjutnya, ke-12 peserta tersebut diseleksi kembali oleh tim juri hingga diperoleh juara 1, 2, 3 dan juara favorit.

Berikut Para Pemenang Kompetisi BPJS Kesehatan Hackathon 2021:

Kategori Penetration Testing
Juara 1: Tim fityan
Juara 2: Tim Cinnamon
Juara 3: Tim BP.js
Juara Favorit: Tim pow(I, 2, R)

Kategori Internet of Things
Juara 1: Tim EXIT
Juara 2: Tim DeployGaYa
Juara 3: Tim danito
Juara Favorit: Tim budisatrio85

Kategori Artificial Intellegence (AI)
Juara 1: Tim Methodologist
Juara 2: Tim mrsq
Juara 3: Tim Ganyang
Juara Favorit: Tim Panda AI

Posting Komentar

0 Komentar