Mahasiswa UBSI Tasikmalaya Juara Lomba Inovasi Teknologi



Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) kampus Tasikmalaya, meraih juara dalam lomba Inovasi dan Teknologi dengan fokus inovasi bidang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Senin (6/9) kemarin.

Mereka adalah Muhammad Rivalda, Muhammad Azhar Gunawan dan Rizqi Setiaji. Dengan mengusung aplikasi RAKIT (Rak Arsip Berbasis IoT), mereka berhasil meraih juara 3 dalam lomba ini. Penyerahan hadiah dilaksanakan saat perayaan hari jadi Kota Tasikmalaya, tanggal 17 Oktober 2021 mendatang.

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) Kota Tasikmalaya telah menerbitkan surat perihal pengumuman pemenang lomba inovasi yang dilaksanakan beberapa bulan lalu di Tasikmalaya.

Dalam surat tersebut, dicantumkan pemenang lomba inovasi di beberapa bidang, yaitu bidang pelayanan masyarakat dan bidang rekayasa teknologi. Mahasiswa Universitas BSI kampus Tasikmalaya, menjadi juara ketiga pada bidang rekayasa teknologi dengan usulan Rakit. “Pada lomba ini, kami mengusulkan aplikasi untuk permudah proses pengarsipan dokumen bernama Rakit (Rak Arsip berbasis IoT),” tutur Rivalda, salah satu mahasiswa, Rabu (8/9).

Ia menyebutkan, teknologi inovasi Rakit ini dibuat untuk mempermudah pekerja pada bagian pengarsipan khususnya di instansi.“Teknologi Rakit dapat mengefisiensikan dan menghemat sumber daya dalam mengelola pengarsipan dengan dukungan teknologi Internet of Things (IoT),” ungkapnya.

Hasil tersebut akan diaplikasikan pada sebuah rak penyimpanan dokumen pengarsipan di sebuah instansi pemerintahan, yang sudah diberikan tambahan teknologi IoT tersebut. “Rakit ini sudah dilengkapi dengan Display Matrix yang berguna untuk memudahkan pekerja memilih indeks yang ingin diambil pada rak tersebut,” ujarnya.

Lanjutnya, pada rak tersebut juga terpasang LCD shield yang berfungsi untuk melihat hasil inputan yang sudah diberikan oleh pekerja.“Dengan adanya gagasan Rakit ini, diharapkan nantinya akan mempermudah proses pengarsipan baik di instansi-instansi pemerintahan agar tercipta pengelolaan arsip,” pungkasnya.

Ia menambahkan, bahwa merasa sangat bangga bisa berkesempatan mengikuti lomba ini dan berhasil meraih juara. “Semoga kedepannya, gagasan ini dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang yang memerlukan pengarsipan agar dapat mempermudah pekerjaan dan membantu banyak orang,” katanya.

Menurut kepala kampus Universitas BSI kampus Tasikmalaya, Agung Baitul Hikmah, lomba ini dimaksudkan untuk memberikan penghargaan terhadap upaya yang dilakukan masyarakat dalam berinovasi. “Semoga usulan mahasiswa Universitas BSI dapat menjadi ide inovasi pelayanan publik yang berpotensi untuk diuji coba dan diaplikasikan, memicu dan memotivasi di lingkungan pemerintah Kota Tasikmalaya,” katanya.

Lanjutnya, kegiatan ini pula untuk meningkatkan inovasi pembangunan berbasis potensi lokal dan ekonomi kreatif melalui lomba inovasi dan teknologi Kota Tasikmalaya.

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/qz3e1s380/mahasiswa-ubsi-tasikmalaya-juara-lomba-inovasi-teknologi

Posting Komentar

0 Komentar