MAN 2 Makassar Ikut Kompetisi Asean Robotic Day 2021


MAKASSAR – Siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar mengikuti Asean Robotic Day (ARD) 2021. Kompetisi Robotik kegiatan rutin yang diikuti oleh Negara-negara Asean (Perhimpunan negara-negara Asia Tenggara).

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Dr. Muhammad Zain, M.Ag, saat hadir memberikan semangat dan menginspirasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan MAN 2 Kota Makassar. Menyempatkan diri melihat kegiatan Siswa MAN 2 Kota Makassar yang mengikuti kegiatan Asean Robotic Day (ARD),Selasa (21/9/2021).

Beliau menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Salah satu kunci kemajuan peradaban Islam, kata dia, adalah Sains dan Teknologi.

“Lewat kompetisi ini diharapkan generasi muda bisa menguasai peradaban Islam lewat Sains dan Teknologi melalui Asean Robotic Day,” ungkapnya.

Sementara Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar Hj. Darmawati, S.Ag.,M.Pd, mengungkapkan, madrasah yang dipimpinnya mengikuti dua kategori lomba dari empat lomba yang dipertandingkan. MAN 2 Kota Makassar, menjadi pengisi acara sebagai Pembaca Doa yang dipimpin oleh Ustaz Asri Hidayat, M.Ag.MAN 2 Makassar Ikut Kompetisi Asean Robotic Day 2021

Untuk kategori theater, tampil mewakili MAN 2 adalah Syafila Firdha Nafeeza kelas X MIPA 2, Ghiyas Fazle Mawla (X MIPA 2), Muhammad Restu Dwi Saputra (X MIPA 3), dan Syahnanda Dwi Putri (X MIPA 4). Sedangkan kategori Simple Task Robot Creation, masing-masing Putri Saktiani (XII MIA 2), Andi Nur Annisa Syarkawi (XII Mia 2), dan Afifah Nur Ramadhani ( XI Mia 1). Lomba lain yang dipertandingkan adalah Creative (Senior & Junior), dan Robot in Movie.

“Untuk kategori theater peserta tampil dalam waktu tujuh menit. Sedangkan kategori Simple Task Robot Creation peserta harus menyusun sebuah menyelesaikan rangkaian yang ditentukan dalam waktu tiga jam,” ujarnya.

Pada tahun ini, ASEAN Robotic Day kembali dan akan dilaksanakan pada tanggal 21-22 September 2021 secara Virtual, hal ini tidak terlepas dari kondisi pandemi. Acara dua tahunan ini merupakan kegiatan Kompetisi dan ajang pembuktian kemampuan robotika pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA/K se Asean.

Sumber : https://upeks.co.id/2021/09/man-2-makassar-ikut-kompetisi-asean-robotic-day-2021/

Posting Komentar

0 Komentar