Pandemi Jadi Momentum Percepat Realisasi Smart City


Chief Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land Irawan Harahap menyampaikan pandemi COVID-19 menjadi momentum mempercept realisasi smart city (kota pintar).

Ia menilai kinerja berbagai startup atau usaha rintisan di sektor teknologi makin terakselerasi.

Pihaknya telah mentransformasi BSD City sebagai integrated smart digital city sejak awal tahun 2016 lalu.

“Kawasan tersebut sekarang lengkap dengan sarana serta prasarana berbasis digital seperti fiber optic untuk internet berkecepatan tinggi, traffic command centre dan sebagainya,” urainya dalam webinar, Kamis (9/9/2021).

Sinar Mas Land juga membangun Digital Hub sebagai kawasan yang ditujukan sebagai pusat pendidikan, komunitas, perusahaan rintisan hingga perusahaan multinasional di bidang teknologi digital.

"Digital Hub menjadi sebuah ekosistem bagi banyak perusahaan digital, termasuk dari ranah proptech dan smart city yang saat ini sangat dibutuhkan di masa pandemi ini,” ucapnya.

Hal itu mendorong Digital Hub untuk memfasilitasi startup proptech agar dapat dikembangkan oleh generasi muda dan hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

”Kami lakukan dalam kampanye Digital Hub Next Action (DNA) yang membantu akselerasi perusahaan rintisan," papar Irawan.

Sinar Mas Land menggandeng perusahaan teknologi Prasetia Dwidharma guna mengadakan program Escalate by Prasetia yang diluncurkan secara daring pada 9 September 2021.

Kegiatan ini diharapkan bisa jadi wadah bagi perusahaan rintisan untuk berkembang secara berkelanjutan agar dapat berkontribusi bagi perkembangan kota pintar, khususnya di BSD City.

CFO Prasetia Dwidharma Ardi Setiadharma menjelaskan, program Escalate bertujuan mengakselerasi perusahaan rintisan di industri teknologi kota pintar khususnya di bidang mobilitas, analisis data, sistem perparkiran, teknologi properti, hemar energi, dan pemberdayaan UKM/perdagangan/ritel.

"Peserta akan mendapatkan pengarahan dan bantuan validasi bisnis langsung dari mentor-mentor unggulan," ujar Ardi.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan fokus pemerintah pengembangan program smart city di Indonesia.

Menkominfo mendorong negara anggota G20 mengembangkan program smart city untuk menciptakan kota-kota yang mampu membantu masyarakat hidup lebih produktif.

“Terdapat enam pilar yang menjadi dasar pelaksanaan program pengembangan smart city di Indonesia yakni smart governance, smart branding, smart economy, smart society, smart environment, dan smart living," ujar Johnny.

Sumber : https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/09/09/pandemi-jadi-momentum-percepat-realisasi-smart-city

Posting Komentar

0 Komentar